Contoh Promosi Diri Fresh Graduate SMA

Jadiberkah.com – Mempromosikan diri sangat penting agar pemberi kerja tahu kelebihan dan potensi Anda. Contoh promosi diri fresh graduate SMA berikut akan memberikan poin-poin yang harus Anda cantumkan. Tujuannya agar promosi diri Anda tepat sasaran, meyakinkan, namun tidak terkesan berlebihan.

Meski masih SMA tidak ada salahnya bila Anda mencoba untuk membuat surat lamaran seperti lulusan sarjana bukan? Nah, berikut ini ada ulasan menarik yakni contoh dari promosi diri khusus Anda fresh graduate dari SMA.

Contoh Promosi Diri Fresh Graduate SMA

Promosi diri dapat dilakukan dimana saja. Diantaranya seperti di media sosial, bisa juga pada lamaran kerja, juga pada situs pencari kerja. Berikut ini adalah contoh promosi diri fresh graduate SMA di media sosial dan situs pencari kerja, yang mana bisa Anda gunakan sebagai referensi saat ingin mencari pekerjaan. Diantaranya adalah :

Promosi Diri Di Media Sosial

Media sosial saat ini menjadi salah satu cara bagi perekrut untuk menilai calon tenaga kerja yang melamar ke tempat mereka. Dari media sosial Anda, akan terlihat branding atau pencitraan yang Anda bentuk. Jika sesuai dengan yang dibutuhkan perusahaan, maka Anda kemungkinan besar akan direkrut. Berikut cara mempromosikan diri di media sosial.

  • Gunakan media sosial yang paling cocok dengan branding diri Anda. Misalnya Anda orang yang dinamis dan gemar mendesain, maka Instagram dan Pinterest cocok dengan Anda.
  • Perbarui profil media sosial Anda. Profil yang diperbarui harus menunjukkan kualifikasi diri Anda juga tautan dengan alamat web atau media sosial Anda yang lain.
  • Follow dan bertemanlah dengan akun-akun yang bermanfaat.
  • Update media sosial Anda secara berkala dengan konten yang bermanfaat dan mendukung promosi diri.
  • Jangan lupa untuk mencantumkan alamat media sosial pada CV Anda.

Promosi Diri Di Situs Pencari Kerja

Fresh graduate SMA juga bisa mencari pekerjaan di situs pencari kerja atau situs lowongan kerja. Misalnya Jobstreet, Infoloker, dll. Kalimat promosi diri di situs ini sebaiknya:

  • To the point. Tidak perlu mencantumkan lagi nama, alamat atau usia karena sudah tercantum di CV. Fokuslah pada kualifikasi dan kemampuan Anda.
  • Tidak menggunakan kalimat yang mainstream, seperti “Saya adalah pekerja keras dan akan berusaha sebaik mungkin memajukan perusahaan”. Akan lebih mengena jika kalimatnya seperti “Saya mampu mengoperasikan Ms Office, berbahasa Inggris dengan baik dan mengerti pembukuan dasar. Saya yakin kemampuan ini dapat bermanfaat bagi kelangsungan operasional perusahaan.”
  • Menggunakan tata bahasa yang baik dan benar. Karena, tentu saja promosi diri yang enak dibaca dan rapi akan lebih mengesankan pemberi kerja.

Demikian contoh promosi diri fresh graduate SMA. Baik di media sosial maupun situs pencari kerja. Semoga dapat membantu Anda dalam menemukan pekerjaan yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.