Contoh Pertanyaan Interview dalam melamar pekerjaan

Loker | Interview adalah merupakan salah satu tahapan seleksi dalam melamar pekerjaan,banyak teman teman teman kita yang gugur atau tidak lolos dalam tahap interview ini dalam melamar kerja.memang terkadang kita bingung harus menjawab dengan jawaban apa yang tepat untuk menjawab pertanyaan saat interview yang di ajukan.Jawaban pada proses interview tidaklah semudah kita menjawab sebuah pertanyaan biasa karena slah 1 kata 2 kata bila sekiranya kurang tepat dalam menjawab bisa menggagalkan untuk bisa di terima kerja walaupun proses tahapan tahapan yang sebelumnya telah lolos seleksi.jadi kita harus benar benar jeli untuk mempersiapkan jawaban yang tepat dalam tahapan interview ini.yuk langsung aja simak Contoh pertanyaan pertanyaan yang sering digunakan adalah:

Pertanyaan Tentang Data Pribadi

Pertanyaan tentang data pribadi anda biasanya digunakan untuk bahan membuka percakapan dan mencairkan suasana wawancara. Meskipun sebagai pertanyaan pembuka dan bersifat umum, Anda tetap harus antusias menjawabnya sehingga pewawancara tertarik kepada Anda.

Baca Lainya:  Cara Mengerjakan Soal Psikotes Kemampuan Verbal

1. Ceritakan tentang diri Anda?

Pelamar: Saya Andri Setiono. Saya alumni universitas merah putih, dari jurusan teknik informatika.

2. Mengapa Anda memilih jurusan Ilmu Koputer?

Pelamar: Saya sangat menyadari bahwa saya menyenangi komputer sejak sekolah dasar. Maka dari itu saya kuliah di jurusan Ilmu Komputer.

3. Bagaimana cara Anda membayar kuliah Anda?

Pelamar: Sebagian besar biaya kuliah saya dibiayai orang tua saya. Disamping itu saya juga membantu meringankan beban orang tua untuk bekerja paruh waktu di toko sembako.

B. Pertanyaan tentang pengalaman dan keterampilan

Pertanyaan tentang pengalaman dan keterampilan ditujukan untuk mengetahui tujuan karier anda, bagaimana loyalitas dan cara anda bekerja, bagaimana anda menghadapi suatu masalah saat berkerja, berapa kontribusi yang akan anda berikan kepada perusahaan.

Baca Lainya:  Cara Melamar Kerja ke Indomaret

4. Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan anda?

Pelamar: Kelebihan saya yaitu saya menanamkan kejujuran dalam kehidupan saya.

Kelemahan: saya selalu lupa itu sebabnya saya selalu mencatat apa yang menjadi pekerjaan saya dan saya akan simpan dalam saku.

5. Apakah Anda memiliki hubungan yang baik dengan rekan kerja?

Pelamar: Ya. Saya pikir hubungan dalam pekerjaan memang di wajibkan karena bekerja bukan hanya diri sendiri akan tetapi bekerja secara kelompok.

6. Apakah Anda lebih senang bekerja seorang diri atau dalam tim?

Pelamar: Dalam bekerja saya lebih senang bekerja sendiri akan tetapi tergantung dengan tugas pekerjaan yang harus bekerja secara team.

Baca Lainya:  Cara membuat portofolio menarik untuk diminati
C. Pertanyaan Seputar Gaji

Pertanyaan seputar gaji biasanya ditanyakan pada akhir wawancara. Jika anda pernah bekerja sebelumnya maka kemungkinan besar akan ditanya berapa pendapatan anda di perusahaan lama.

7. Berapa gaji Anda sekarang?

Pelamar: Gaji pokok saya sekarang Rp 3.000.000. Ditambah tunjangan dan bonus bulanan, total gaji saya adalah Rp 5.000.000

8. Berapa gaji yang anda inginkan?

Pelamar: saya menginginkan gaji 8.000.000

9. Kami tidak dapat memenuhi permintaan gaji Anda. Seberapa banyak Anda bisa menurunkan permintaan gaji tersebut?

Pelamar: Bagaimana kalau Rp 7.000.000 ?

Demikian ulasan tentang tips interview kerja dan contoh pertanyaan beserta jawabannya. Semoga informasi ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk anda semoga dan cepat mendapatkan pekerjaaan yang teman teman inginkan.salam sukses

Referensi

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.