3 Hal Wajib Sebagai Syarat Melamar Pekerjaan, Cek Disini!

Jadiberkah.com – Begitu lulus dari sekolah, sebagian besar orang memilih untuk membuka usaha sendiri dengan menggunakan modal lumayan besar. Sebagian lagi memilih bekerja di perusahaan karena merasa lebih cocok menjadi karyawan di perusahaan bonafit. Sebelum itu, harus dilengkapi dulu syarat melamar pekerjaan.

Melamar pekerjaan ini membutuhkan seni tersendiri. Terkadang sudah melamar ke banyak perusahaan, namun belum ada juga panggilan. Tapi ada juga sebaliknya, yakni ada orang yang hanya sekali mengirim lamaran yang sangat mudah sekali mencari kerja sudah langsung diterima. Hal ini bukan hanya dikarenakan oleh keberuntungan. Melainkan didukung pula oleh kecerdasan saat menyusun surat lamaran kerja. 

Nah bila Anda penasaran dengan hal-hal apa saja yang menjadi syarat penting saat melamar pekerjaan. Berikut ini ada ulasan menarik yang bisa Anda ikuti. Yuk simak!

3 Hal Wajib Sebagai Syarat Melamar Pekerjaan

Persaingan dalam memperoleh pekerjaan memang cukup ketat. Meski begitu, Anda tidak perlu putus asa dulu. Lampiran 3 hal berikut ini sebagai syarat melamar pekerjaan, sehingga posisi yang diinginkan bisa Anda tempati. 

Adapun syarat-syarat atau lampiran yang harus Anda penuhi saat akan melamar kerja, diantaranya adalah :

Baca Lainya:  Sebagian Syarat Untuk Melamar Pekerjaan Yang Perlu Anda Ketahui

Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae (CV)

Saat membuat surat lamaran kerja, gunakan kalimat yang efektif dan lugas. Tidak perlu bertele-tele, yang penting tetap sopan serta masih berkesan formal. Jika kebingungan mencari contohnya, Anda bisa mencari referensi yang tepat di google. Lalu modifikasi agar sesuai dengan pekerjaan yang diinginkan.

Curriculum Vitae atau riwayat diri juga tidak boleh disepelekan. Isinya harus lengkap, yakni berupa profil diri beserta skill yang dimiliki. Anda bisa menambahkan prestasi yang diperoleh selama ini, keahlian apa saja yang sebagai penunjang serta pengalaman bekerja.

Fotocopy Ijazah

Sebagai pendamping surat lamaran kerja dan CV, jangan sampai melupakan syarat lainnya yang wajib. Yakni jangan lupa untuk melampirkan fotocopy ijazah yang telah dilegalisir.

Sertakan juga transkrip nilai yang telah Anda peroleh. Saat melegalisir ijazah, sebaiknya sediakan dalam jumlah cukup banyak. Agar tidak perlu bolak balik mengurusnya lagi. Syarat yang sedikit merepotkan, namun banyak orang yang sudah berhasil menerapkannya.

KTP dan Pas Foto

Identitas diri ini tidak perlu menggunakan yang asli. Anda hanya memerlukan fotocopy nya saja. Tetapi Anda juga harus pastikan kalau alamat pada KTP sudah sesuai dengan alamat domisili. Bila tidak sesuai, maka Anda harus melampirkan surat pernyataan domisili dari pengurus wilayah setempat.

Pas foto untuk melamar pekerjaan yang umum dilampirkan adalah berukuran 2×3, 3×4 dan 4×6. Saat akan mengambil atau membuat pas foto, apabila Anda laki-laki maka harus mengenakan jas. Sebaliknya bila Anda wanita, maka mengenakan blazer dan sedikit dandan juga bisa dilakukan. Sedang untuk background foto berupa warna merah atau biru, sesuai dengan tahun Anda lahir.

Demikian syarat melamar pekerjaan yang harus dipenuhi agar segera mendapat panggilan. Jangan ragu untuk terus mengirimkan surat lamaran, hingga akhirnya Anda mendapat pekerjaan yang diidamkan.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.