Fungsi bridge dalam jaringan komputer


Jadiberkah.com – Fungsi Bridge Dalam Jaringan Komputer.
Bridge menghubungkan antara setiap jaringan dengan jaringan lain untuk bertukar paket data dan mengatur sirkulasi data. Bridge sendiri adalah perangkat yang dapat menghubungkan Local Area Network atau komputer LAN ke jaringan LAN lain secara nirkabel atau nirkabel.

Fungsi Bridge juga dapat menghubungkan berbagai jenis jaringan komputer, misalnya dari jaringan LAN Ethernet ke jaringan LAN Ethernet Cepat. Selain itu, Bridge juga dapat memetakan alamat Ethernet dari setiap titik di setiap segmen jaringan lalu memilihnya dan hanya memungkinkan transfer data atau informasi yang dibutuhkan melalui jaringan.

Bridge yang merupakan alat untuk menghubungkan dua jaringan komputer LAN yang terpisah. Melalui Bridge ini, setiap pengguna di dua jaringan komputer LAN dapat berkomunikasi dan bertukar data satu sama lain. Selain fungsi-fungsi dasar ini, Bridge juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti:
Hubungkan 2 jaringan LAN jarak jauh
Dalam fungsi Bridge, bagian ini dapat diartikan sebagai, misalnya, sebuah sekolah yang terdiri dari beberapa bangunan yang terpisah satu sama lain. Sekarang, jika setiap bangunan memiliki jaringan LAN sendiri dan terhubung ke Bridge, maka Bridge pasti akan lebih ekonomis, daripada harus menghubungkan semua tempat dengan kabel.

Memudahkan Mengelola Jaringan Anda Sendiri
Jika setiap departemen dalam sekolah memiliki minat dan perangkat, server, atau workstation yang berbeda, akan lebih efisien untuk memiliki jaringan LAN sendiri. Minat atau sasaran berbagai departemen akan lebih nyaman bekerja, jika Anda memiliki jaringan komputer otonom sendiri. Jika Anda ingin terhubung ke departemen lain, maka Anda dapat menggunakan bantuan Bridge ini.

Mengurangi Beban Jaringan
Fungsi Bridge dalam hal ini misalnya ada banyak pengguna yang mengakses data besar di server secara bersamaan. Jika Anda hanya mengandalkan satu LAN tunggal, itu akan menghambat kinerja jaringan dalam memenuhi permintaan masing-masing pengguna. Oleh karena itu, akan lebih baik menggunakan beberapa LAN tetapi terhubung satu sama lain melalui Bridge.

Fungsi Bridge Lainnya
Fungsi Bridge lainnya dapat mengurangi jaringan yang luas menjadi lebih kecil dan dapat memonitornya. Bridge juga dapat mengontrol jaringan siaran melalui Bridge.

Fungsi Bridge juga mampu mentransfer data melalui jaringan perantara dengan jenis protokol yang sama sekali berbeda. Fungsi Bridge juga dapat menyalin frame data dari satu jaringan dengan ketentuan bahwa jaringan masih terhubung ke Bridge dan jaringan lain.
Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan pengetahuan untuk kita semua

Kontributor dan penulis : Jefri widiarta

Baca Lainya:  Mengatasi Windows has a problem communicating with a device connected to your computer

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.