Budidaya Ikan Nila di Ember Yang Sedang Tren

Jadiberkah.com – Memiliki hobi atau pun ingin memulai usaha membudidayakan ikan, saat ini banyak dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Seperti budidaya ikan nila di ember yang dengan mudah Anda temukan caranya. Banyak orang yang berhasil membudidayakan ikan tanpa harus memiliki lahan yang luas.

Dengan memanfaatkan lahan yang ada di rumah bahkan tanpa ada lahan samasekali. Hanya dengan menggunakan media tempat seperti drum atau pun ember, Anda tetap dapat membudidayakan ikan.

Awal metode atau cara membudidayakan ikan ini dilakukan pada jenis lele yang terkenal karena mudah perawatannya. Saat pandemi melanda banyak orang yang mengisi waktu di rumah dengan berbagai kegiatan.

Membudidayakan ikan menjadi salah satu pilihan yang paling banyak dan mudah dilakukan. Meskipun awalnya dilakukan untuk ikan jenis lele, kemudian berkembang. Kini ikan nila pun dapat Anda budidayakan dengan media ember atau pun drum.

Meskipun membudidayakan ikan nila tak semudah lele tapi terbukti dapat dilakukan dan berhasil. Jika pada budidaya ikan lele, Anda bisa sekaligus menanam kangkung. Maka pada ikan nila akan berbeda, karena sifat atau perawatan yang dilakukan pun berbeda. 

Anda perlu mengetahui serta mempelajari perbedaan dan apa saja yang harus dipersiapkan. Agar budidaya ikan nila ini dapat berhasil.

Cara Budidaya Ikan Nila di Ember Yang Baik dan Benar 

Saat Anda melihat kesuksesan orang lain membudidayakan ikan seperti lele di ember, pasti kan tergiur. Anda dapat pula melakukan budidaya ikan jenis lainnya seperti nila dengan menggunakan ember maupun drum bekas.

Cara yang diperlukan pun sangatlah mudah dan tak banyak mengeluarkan biaya. Meskipun Anda perlu melakukan sedikit perbedaan karena berbeda dengan lele. Yang diantaranya adalah :

  1. Siapkan ember, air bersih dan bibit ikan nila.
  2. Siapkan pula filter atau adaptor yang bisa Anda beli diluaran.
  3. Satu ember hanya bisa diisi dengan 10 ekor ikan nila, jika ingin yang besarnya sekitar 4 jari.
  4. Rutin membersihkan ember, karena ikan nila hanya dapat tumbuh di air bersih serta banyak oksigen.
  5. Berikan pakan sesuai dengan takarannya, jangan lebih atau kurang.
  6. Saat sudah besar, sebaiknya pindahkan ke wadah yang lebih besar. Atau bisa juga langsung jual ke pengepul ikan.

Mudah dan juga tak banyak memerlukan media atau pun alat bantu lainnya, meskipun tak seperti ikan lele. Anda dapat budidaya ikan nila di ember untuk mengisi waktu luang di rumah atau mencoba usaha tersebut sebagai peluang bisnis.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.