Langkah sukses usaha keripik singkong

Jadiberkah.com – Langkah sukses Usaha Keripik Singkong.
Hallo Bunda,gimana kabar?.Ketika mengulas salah satu bahan olahan yang satu ini akan mengingatkan pada jaman dahulu dimana makan nasi menjadi fenomena yang masih langka pada saat masih penjajahan.Yaitu singkong,sejak jaman dahulu singkong sudah menjadi pilihan masyrakat indonesia sebagai makanan pokok pengganti nasi.

Karena cara tanamnya yang gampang dan tidak memerlukan perawatan khusus. Sehingga pohon Singkong ini dengan mudah hidup dan mudah berbuah sehingga menjadi andalan masyarakat indonesia. Singkong yang dapat dikatakan salah satu tanaman yang organik karena pohon singkong tidak memerlukan pupuk untuk proses penanaman hingga memanennya.Jaman dahulu singkong menjadi makanan pokok pengganti nasi yang cukup menyehatkan.Dengan perkembangan jaman seperti sekarang ini singkong disulap menjadi olahan makanan berbagai jenis dari tradisional hingga modern.Sekarang ini singkong dapat di olah menjadi makanan unik dengan berbagai macam bentuk dan rasa yang unik.

Selain dapat dibuat sebagai bahan olahan kue basah,gethuk,dll.Ternyata yang tak kalah dengan banyaknya penggemar dari olahan singkong adalah dengan menjadikan singkong sebagai bahan untuk kripik.Keripik singkong mampu menjadi pilihan banyak kalangan masyarakat sebagai cemilan yang cukup sehat. Singkong menjadi bahan baku makanan yang dapat diolah menjadi aneka jenis olahan masakan. Olahan dari bahan singkong ini sangat banyak sekali mulai dari geduk singkong, cenil, singkong keju, keripik singkong dan banyak lainya. Rasa olahan dari bahan singkong memiliki rasa yang bervariasi.

Salah satu olahan singkong yang banyak diminati ini ialah keripik singkong. Ya, menu camilan keripik dari bahan singkong menjadi favorit banyak masyarakat. Apalagi jika keripik singkong dibumbu pedas. Semakin banyak saja yang meminati keripik singkong pedas ini. Rasa keripik singkong pedas yang gurih akan semakin lezat dengan tambahan bumbu pedas, manis dan asin dari bumbu. Saat ini keripik singkong pedas ini sudah sangat popuper, dengan kepopulerannya ini membuat peluang usaha keripik singkong pedas patut dicoba. Bisnis keripik singkong pedas sangat mudah dan sederhana Dengan banyaknya permintaan keripik singkong di pasaran kondisi ini bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha.Keripik singkong yang tergolong makanan ringan sebagai cemilan dengan rasa yang renyah dan gurih ini ternyata dapat mendatangkan keuntungan yang menggiurkan.Dengan bahan dasar yang mudah di dapatkan dan proses pengolahan yang tergolong cukup mudah sehingga hal ini banyak diminati kalangan masyarakat untuk ditekuni sebagai peluang usaha.

Baca Lainya:  Cara membuat ayam crispy dengan mudah

Bisnis keripik singkong mampu dijalankan sebagai selingan maupun sebagai usaha pokok yang tidak terlalu repot untuk dijalani.Di artikel ini kami akan bahas beberapa analisis keuntungan dari usaha keripik singkong. Yuk, simak dengan baik info peluang usaha keripik singkong sebagai berikut :

1.Info Usaha Keripik Singkong

Camilan dengan rasa gurih yang dapat ditambahkan bubuhan bubuk bervariasi paling banyak diminati, terutama keripik singkong dengan varian rasa pedas. Hal ini membuat kesempatan bagi para calon pelaku usaha untuk mencoba memenuhi permintaan konsumen akan keripik singkong pedas. Pembuatan atau cara memulai usaha keripik singkong pedas sama halnya dengan menjalankan usaha keripik pada umumnya. Bahan dan cara pembuatan keripik singkong mudah dan siapa pun bisa belajar mengolah singkong menjadi produk keripik berkualitas. Memulai usaha keripik singkong pedas tidak memerlukan biaya besar,bisa dimulai dengan skala rumahan dengan modal dan tekat yang kuat pasti usaha keripik singkong pedas bisa dijalankan.

2.Target Pasar Keripik Singkong

Bisnis keripik singkong ini mudah dijalankan karena target pasar yang meluas.Banyaknya permintaan dari konsumen maka langkah pemasaran terbuka lebar. Dengan banyaknya target pasar pada usaha keripik singkong ini maka bisa menjadi salah satu cara untuk bisa memulai usaha tanpa kendala. Dari remaja sampai orang tua bisa dijadikan target pasar usaha ini. Apalagi bagi para konsumen yang doyan makan pasti tidak akan mau ketinggalan mencoba keripik singkong.

3.Bahan Baku Usaha Keripik Singkong

Ketika membuka usaha keripik singkong bahan yang dibutuhkan ini misalnya singkong kita mencari pemasoknya terlebih dahulu.Diantaranya bahan yang diperkukan diantaranya adalah singkong,minyak goreng, aneka bumbu tabur dan bumbu tambahan lainnya. Supaya produk diminati maka sebaiknya sediakan bahan yang fresh dan layak dikonsumsi. Buatlah resep untuk balutan keripik singkong aneka rasa sesuaikan takarannya dengan resep yang telah dibuat tersebut.

Baca Lainya:  Resep bumbu risoles

4.Peralatan Usaha Keripik Singkong

Berbagai alat yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha keripik singkong tidaklah sulit kita dapat menggunakan peralatan yang sudah tersedia di dapur namun untuk lebih menunjang kelancarsnnya alangkah baiknya disiapakan berbagai alat ialah wajan, mesin perajang singkong, kompor dan gas, mesin penghalus bumbu, mesin pengemas, spatula, dan peralatan pendukung lainnya. Siapkan peralatan ini secara lengkap untuk memudahkan produksi.

5.Pengemasan Produk Keripik Singkong.

Dalam pengemasan produk yang mau dipasarkan tentunya harus diperhatikan secara teliti supaya kemasan menarik dan berkualitas.Pengemasan produk bisa dilakukan dengan membuat label pada plastik kemasan, pastikan untuk menggunakan plastik yang tebal. Buat label menarik dan unik, supaya mudah diingat oleh konsumen. Cantumkan nomor bpom dalam kemasan supaya produk lebih terpercaya, tambahi dengan kode kadaluarsa sehingga para konsumen tahu kapan masa kadaluarsa dari produk yang dijual.

6.Promosi Produk

Proses promosi dapat dilakukan dengan cara menawarkan produk kepada tetangga, sanak saudara, teman dan sebagainya. Untuk meluaskan jaringan konsumen maka promosikan lewat media social. Hal ini supaya produk bisa dikenal banyak orang dari berbagai golongan dan kalangan sehingga mampu meningkatkan produksi permintaan pasaran luas.

7.Strategi Usaha Keripik Singkong

Supaya produk dari keripik singkong menarik konsumen maka buatlah keripik singkong pedas dengan beberapa level yang disesuaikan dengan tingkat kepedasan. Jadi para konsumen bisa memilih dengan mudah keripik singkong pedas dengan level yang diinginkan. Buat produk secara menarik dan unik. Tonjolkan kualitas rasa dan kemasan produk, jadi para konsumen pun akan mengetahui jenis keripik singkong pedas yang berkualitas dipasaran.

Berikut diatas ulasan artikel untuk beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memulai usaha.Dibawah ini akan kami hadirkan resep untuk membuat keripik singkong yang dapat langsung dipraktekan dan menghasilkan rasa yang begitu renyah.Mari disimak bahan yang diperlukan dan langkah pembuatannya.Happy cooking!

Bahan:

Singkong, 6 kg
Air, 15 liter
Air Kapur Sirih, 150 ml (larutkan 2 sendok teh kapur sirih ke dalam 150 ml air)
Garam, 3 sendok makan
Gula Pasir, 600 gr
Air Asam, 300 ml (larutkan 35 gr asam jawa ke dalam 300 ml air)
Garam, 5 sendok teh
Minyak untuk menumis, 200 ml
Bumbu Halus:

Baca Lainya:  Resep SOP iga

Bawang Merah, 600 gr
Bawang Putih, 250 gr
Cabai Merah, 500 gr
Cabai Rawit, 6 gr
Ketumbar, 3 sendok makan

Cara Membuat:

1.Iris tipis singkong menggunakan alat pengiris,
2.Rendam irisan singkong dengan air, air kapur sirih, dan garam,
Tiriskan singkong, kemudian goreng hingga renyah dan kering dalam minyak yang sudah dipanaskan,tunggu hingga juning keemasan lalu angkat, lalu tiriskan,
3.Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum,
4.Masukkan gula pasir, air asam, dan garam, aduk hingga kental,
5.Tambahkan singkong, aduk sampai terbalut rata.

Tips Memasak Keripik Singkong Renyah dan Empuk:

Pada saat menggoreng singkong, gunakan minyak yang panas dan api besar, agar keripik singkong renyah,
Kalau tidak mempunyai penggorengan besar, buat 1/10 resep agar mudah mengaduknya,
Aduk-aduk campuran gula agar tercampur rata dengan bumbu dan tidak menjadi karamel,
Setelah digoreng, tiriskan singkong, agar saat dibumbui tidak terlalu berminyak.

Analisa Usaha Keripik Singkong
Modal Awal

Gerobak booth: Rp 3.000.000,-
Peralatan masak: Rp 2.000.000,-
Alat pengiris singkong : Rp 700.000,-
Alat press kemasan : Rp 300.000,-
Perlengkapan lain : Rp 1000.000,-
JUMLAH : Rp 7.000.000,-
Biaya Operasional per bulan
Bahan baku singkong 10kg per hari @Rp 9.000 : Rp 2.700.000,-
Bumbu-bumbu Rp 70.000,- per hari: Rp 2.100.000,-
Gas 6 tabung 3kg @Rp 20.000: Rp 120.000,-
Minyak goreng 20 liter: Rp 880.000,-
Lain-lain: Rp 1000.000,-
JUMLAH: Rp 6.800.000,-
Omset/Pendapatan
Asumsi perhari laku 50 bungkus dengan harga jual @ Rp 10.000,- maka omset per bulan:

= 30 bungkus x Rp 10.000 x 30 hari

= Rp 9.000.000,-

Keuntungan/Laba Bersih
= Omset – Biaya Operasional

= Rp 9.000.000 – Rp 6.800.000

= Rp 2.200.000,-

BEP (Break Event Point)
= Modal Awal / Keuntungan

= Rp 7.000.000 / Rp 2.200.000

= 1,75 bulan = 53 hari

Berikut beberapa pembahasan bisnis keripik sibgkong.semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.