Fenomena perkembangan UMKM di indonesia

Jadiberkah.com | Fenomena Perkembangan UMKM di Indonesia,UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) telah menjadi primadona di dunia perbisnisan Indonesia. Kementerian koperasi dan UKM pada tahun 2017 menyatakan, mayoritas usaha di Indonesia merupakan UMKM dan hanya sebagian kecil perusahaan besar. Meskipun tergolong usaha kecil, namun jenis usaha ini mampu bertahan dari segala bentuk krisis ekonomi. Krisis moneter tahun 1998 telah menjadi saksi betapa kokohnya si kecil ini ketika diterjang runtuhnya ekonomi.

Peranan UMKM bagi negara ini bisa dibilang sangat besar. Kemenkeu pernah mengeluarkan fakta bahwa kelompok ini telah turut serta dalam menyokong sebanyak 60,3 Produk Domestik Bruto (PDB) dan mengurangi angka pengangguran hingga mecapai angka 97%.
Apa Itu UMKM?

Jika kita melihat dari kepanjangannya mungkin sudah jelas, namun apa yang membedakannya? Simak penjelasan berikut!
Usaha Mikro
Usaha Mikro adalah jenis usaha milik perseorangan ataupun badan usaha dengan total netto hingga Rp 50 juta
Usaha Kecil
Usaha kecil adalah sebuah badan usaha atau milik perseorangan yang bersifat Standalone (Berdiri Sendiri) dengan netto yang berada pada kisaran Rp 50 juta hingga Rp 500 juta.
Usaha Menengah
Sama seperti usaha kecil, yang membedakan hanya jumlah netto yang berkisar dari Rp 500 juta hingga Rp 10 milyar.
Usaha Besar
Tentu usaha besar bukan termasuk UMKM, karena tidak memenuhi kriteria. Usaha besar sendiri memiliki netto lebih dari Rp 10 milyar.
Perkembangan UMKM di Indonesia

Baca Lainya:  Langkah dan resep memulai bisnis jualan cireng

UMKM mengalami pertumbuhan yang sangat pesat di Indonesia. Sejak awal decade 2010an hingga sekarang, Pelaku Kelompok bisnis ini telah bertambah hingga 10 juta orang. Kecanggihan dan kemajuan teknologi juga turut mempermudah kelangsungan usaha ini.
Ketertarikan orang-orang untuk menggeluti bisnis/usaha ini tak hanya muncul dari lingkungan pedesaan, tetapi juga perkotaan yang selalu sibuk akan aktifitas. Mengingat modal yang dikeluarkan relatif kecil juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Berkembangnya UMKM

Baca Lainya:  Banyak keuntungan dari berjualan online

Kemajuan Teknologi dan Sarana Informasi
Kemajuan teknologi telah membawa kita untuk mengakses informasi hanya dalam hitungan detik. Hal ini tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku UMKM. Berbagai startup telah banyak bermunculan untuk membantu kita memasarkan produk dan mempertemukannya pada pelanggan.
Pinjaman Modal yang Mudah Didapatkan
Kemajuan industri UMKM tak dapat dilepaskan dari peran bank-bank dan lembaga keuangan yang ada di Indonesia. Bahkan angka kredit yang dialokasikan pada UMKM terus bertambah setiap tahunnya.
Peluang dan Tantangan UMKM di Indonesia

Kelangsungan UMKM sendiri sebenarnya harus menghadapi berbagai macam tantangan. Salah satunya adalah dengan kekurangan lembaga penyedia layanan keuangan. Namun, tantangan itu dapat dikonversi menjadi peluang jika ada lembaga seperti itu yang turut menyukseskan pertumbuhan UMKM.
Perkembangan teknologi yang berkembang cukup pesat sebenarnya juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku UMKM terlepas dari semua keunggulannya. Terutama pada era industri 4.0 ini, semua pemilik usaha terutama UMKM harus bisa memanfaatkan dan beradaptasi dengan teknoloogi baru. Oleh karena itu, butuh sosialisasi akan teknologi terbaru entah dari pemerintah atau dari lembaga tertentu.
Kita juga harus jeli dalam melihat arus persaingan antar sesame pelaku UMKM. Kesiapan dan persiapan dalam membuka bisnis/usaha sendri juga harus diperhatikan
Peluang yang dimaksud juga bukan menjadi jaminan bahwa UMKM yang didirikan akan memperoleh omset yang besar. Karena kelancaran dan keberhasilan usaha ini pada akhirnya akan bergantung pada bagaimana cara kita dalam mengasuh usaha kita sendiri.

Baca Lainya:  Langkah sukses usaha keripik singkong

Kontributor: Muhamad yasin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.