7 tips dalam memulai bisnis startup kita sendiri

Jadiberkah.com | 7 Tips Dalam Memulai Startup Kita Sendiri Startup sebuah kata yang sudah familiar bagi para pelaku bisnis, tapi mungkin sedikit asing di telinga kita. Startup sebenarnya adalah bisnis yang berusia masih sangat muda dan berkembang dengan dukungan teknologi yang ada.

Bila ada yang bertanya apakah perbedaan antara startup dengan bisnis pada umumnya, maka tujuannya lah yang paling membedakan. Jika bisnis umum biasanya menjual produk atau jasa yang dibutuhkan konsumen, maka startup lebih kepada menawarkan solusi meskipun ada juga yang menjual produk dan jasa. Perbedaan lain yang menonjol antara startup dengan bisnis pada umumnya adalah, startup diciptakan untuk berkembang dengan cepat dan didesain untuk menjadi sebuah kekuatan industri yang besar. Berbeda dengan bisnis-bisnis kecil seperti kedai kopi atau warung makan, mereka tentu saja menguntungkan tapi tidak bertujuan untuk bersaing dengan perusahaan besar lain.
Bisnis startup sendiri mulai banyak disenangi oleh para calon pengusaha muda di Indonesia. Meskipun sangat berisiko dan kemungkinan gagal yang cukup besar, tapi tetap tidak menghalangi kemauan mereka. Justru risiko itu lah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pengusaha yang nekat. Untuk memulai startup kita sendiri sebenarnya tak mustahil, tapi tentu harus teratur dan terarah. Berikut kami telah merangkum beberapa tips untuk memulai usaha startup sendiri.

Baca Lainya:  Kalkulasi keuntungan usaha warung kopi

# Awali Dengan Niat yang Kuat dan Tulus

Niat yang kuat dan tulus memang seharusnya dilakukan dalam memulai sesuatu. Jika ingin membuka startup, pastikan kamu sudah tahu tujuan dari startup itu sendiri dan mantapkan niatmu di dalamnya.
# Jangan Terpaku Pada Tren
Sebaiknya produk, jasa, atau solusi yang kita tawarkan tidak terlalu mengikuti tren. Mulailah dengan ide sederhana dan manfaatkan kreatifitas kita. Karena yang terpenting dari sebuah bisnis adalah berkembang, bukan mengikuti orang lain. Siapa tahu kita bisa membuat produk yang menjadi tren. Kalau bisa menjadi trendsetter, kenapa harus mengikuti tren orang lain?

Baca Lainya:  Cara posting produk berjualan di tokopedia

# Lakukanlah Riset Pada Pasar yang Ditargetkan

Riset sangat penting untuk mengetahui kondisi ekonomi konsumen perihal mereka mampu dan mau merogoh kocek pada produk yang anda tawarkan. Riset juga penting dalam memastikan bahwa produk kita benar-benar bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang banyak.
Carilah Anggota Tim Sebagai Partner Bisnis
Kesuksesan suatu usaha pasti tak lepas dari kekompakan hasil kerja sama tim nya yang sangat solid. Carilah anggota yang memiliki ide kreatif dan beragam tapi tetap dengan satu visi, agar tujuan dari bisnis kita bisa tercapai.

# Buatlah Ciri Khas Tersendiri
Suatu bisnis hendaknya memiliki ciri khasnya masing-masing sebagai identitas sekaligus pembeda dengan usaha yang lainnya. Hal ini sangat penting agar startup kita memiliki budaya dan karakter yang baik
Minta Masukan Dari Para Konsumen
Kelangsungan startup kita tak akan pernah lepas dari review para konsumen. Melalui masukan tersebut, kita dapat mengetahui sekaligus mempelajari kelebihan dan kekurangan produk kita.

Baca Lainya:  Resep dan Langkah memulai usaha jualan rempeyek

# Jangan Takut Gagal
Kegagalan tak akan pernah bisa dipisahkan dari suatu proses dalam menuju kesuksesan. Karena dengan kegagalan lah kita akan belajar hal baru dan bisa belajar untuk berubah menjadi lebih baik.
Membuat bisnis startup adalah pilihan yang sangat baik bagi para calon pengusaha. Karena dengan itu, mereka bisa menambah lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkannya. Tapi membuat startup sendiri juga harus dibekali ilmu dasar agar tidak tersesat kedepannya
Semoga bermanfaat

Kontributor: Muhamad Yasin

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.