Berikut Contoh Tes Psikotes SMA Saat Tes Mendaftar Kuliah

Jadiberkah.com – Tahapan dalam mendaftar universitas terkadang ada tes psikotes untuk menentukan diterima atau tidaknya Anda pada universitas yang dituju. Nah berikut ada beberapa contoh tes psikotes SMA yang bisa Anda pelajari agar lancar dalam mengerjakannya.

Tes psikotes harus dipelajari, supaya hasilnya maksimal dan bisa lolos seleksi. Pelajari mulai dari sekarang, agar kelak saat melakukan tes psikotes Anda sudah siap dan tidak bingung lagi dalam mengerjakannya.

Beberapa Contoh Tes Psikotes SMA Saat Tes Masuk Kuliah

Meski terlihat sedikit merepotkan, namun kegiatan tes psikotes seperti ini wajib untuk dilakukan. Untuk apa? Tujuannya pun sederhana, yakni agar pengelola mampu menyeleksi calon-calon mahasiswa yang sudah sesuai dengan standar penerimaan mahasiswa baru.

Karena bagaimanapun juga, pihak kampus tidak ingin mengambil banyak resiko. Maksudnya resiko menerima orang-orang atau calon mahasiswa yang ternyata tidak sesuai dengan standar mereka. Oleh karena itu harus dilakukan tes psikotes, yang salah satunya tes psikotes kepribadian dan juga wartegg.

Baca Lainya:  Menghidupi Anak Dan Istri, Pekerjaan Apapun Saya Lakukan

Berikut merupakan beberapa contoh tes psikotes SMA yang bisa Anda siapkan dalam menghadapi tes psikotes mendatang. 

  • Tes Logika Aritmatika

Tes logika aritmatika adalah tes dalam menghitung data finance, software dan analyst. Dalam tes yang satu ini, soal yang digunakan adalah deretan angka-angka yang polanya haruslah dipahami. Biasanya soalnya ada yang melalui penjumlahan dan pengurangan. Ada juga yang melalui perkalian dan pembagian. 

Terdapat juga deretan pecahan angkat atau persentase. Contoh soalnya adalah berikut ini, ada deretan angka 24 20 16 12, berapakah deretan angka selanjutnya? Jawaban dari deret pola angka tersebut adalah 8. 

Jadi untuk mengerjakan soal tes logika aritmatika adalah dengan membaca polanya dengan cara mengelompokkan urutan, loncatan dan lain-lain. Baca keseluruhan deretannya, karena bukan hanya didepan saja bisa jadi yang di depan hanya pengecoh saja. 

  • Tes Penalaran

Selanjutnya ada tes psikotes kategori soal penalaran. Tes ini hampir mirip dengan logika aritmatika hanya saja pada tes penalaran memakai gambar, baik dua atau tiga dimensi. Fokus pada perputaran pada warna atau titiknya.

  • Tes Gambar

Tes lain yang terdapat dalam psikotes adalah tes gambar. Tes gambar biasanya memakai gambar orang atau pohon. Namun nantinya bukan dinilai dari keindahan hasil gambaran, tapi tes ini untuk melihat kepribadian Anda. Jadi gambar dengan anggota tubuh yang lengkap dengan wajah yang seimbang.

Demikian tadi contoh tes psikotes SMA yang dapat Anda pelajari sebelum masuk kuliah nanti. Universitas yang memakai tes psikotes ini tentunya memiliki standar sekolah yang bagus pula. Dengan begitu juga dapat menjadikan kebanggan jika diterima di universitas tersebut.

Semoga ulasannya bermanfaat yah, baik untuk Anda pribadi maupun orang-orang disekitar Anda. Semoga informasi yang sudah kami sampaikan bisa menjadi referensi yang pas bagi Anda calon mahasiswa baru.

Baca Lainya:  Siapa Pemilik Sabana Fried Chicken

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.