Bacaan niat dan keutamaan puasa Arafah idul adha lengkap

Jadiberkah.com – Bacaan niat dan keutamaan puasa Arafah idul adha lengkap .
Puasa Arafah idul adha merupakan puasa sunah yang di anjurkan setiap muslim di dunia untuk melakukanya.puasa sunah Arafah dilakukan pada tanggal 9 Dzulhijah yaitu hari ketika jamaah haji melakukan wuquf di Arafah.
Dan perlu diketahui sobat jadi berkah dimanapun anda berada ,bahwa puasa sunah Arafah ini sangat untuk di anjurkan bagi yang sedang melakukan ibadah haji ke tanah suci.

Banyak keutamaan dari puasa sunah Arafah ini yang perlu anda ketahui maka dari itu para ulama memasukan kategori puasa Arafah termasuk puasa yang di anjurkan untuk dilaksanakan.

Dilansir dari situs nu.or.id Rasulullah SAW bersabda dalam riwayat Muslim: صوم يوم عرفة يكفر سنتين ماضية ومستقبلة وصوم يوم عاشوراء يكفر سنة ماضية Artinya, “Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun yang telah lalu dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapus dosa setahun yang lalu,” (HR Muslim). Mereka yang ingin berpuasa Arafah dianjurkan untuk melafalkan niat puasa sunnah Arafah di malam harinya. Berikut ini lafal niat puasa Arafah:
نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى
Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ. Artinya,
“Aku berniat puasa sunnah Arafah esok hari karena Allah SWT.”

Baca Lainya:  Yuk Buat 3 Resep Kue Kering Blueband Yang Enak Juga Gurih!

Orang yang ingin berpuasa sunnah Arafah di siang hari tetapi tidak sempat melafalkan niat dan berniat puasa di malam harinya boleh menyusul pelafalan niat dan memasang niat sunnah puasa Arafah seketika itu juga.
Kewajiban niat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib. Untuk puasa sunnah, niat boleh dilakukan di siang hari sejauh yang bersangkutan belum makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh hingga gelincir matahari atau Zuhur. Berikut ini lafal niat puasa sunnah Arafah di siang hari:
نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ عَرَفَةَ لِلهِ تَعَالَى

Baca Lainya:  Materi Tentang Lebaran, Makna dan Hikmahnya

Nawaitu shauma hâdzal yaumi ‘an adâ’i sunnati Arafah lillâhi ta‘âlâ. Artinya,
“Aku berniat puasa sunnah Arafah hari ini karena Allah SWT.”
Wallahu a’lam.
Semoga bermanfaat

#puasaarafah,#doaniatpuasaarafah,#doaniatpuasaiduladha

Sumber referensi : https://islam.nu.or.id/post/read/94681/ini-lafal-niat-dan-keutamaan-puasa-arafah

karyono

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.