Apakah dalam  Surat Lamaran Pekerjaan Memuat Promosi Diri?

Jadiberkah.com – Mungkin Anda bertanya bagaimana cara membuat surat melamar kerja yang benar dan apakah dalam surat lamaran pekerjaan memuat promosi diri. Berkas lamaran yang baik dan benar akan memungkinkan Anda berpeluang besar diterima sebagai karyawan baru.

Oleh karena itu, Anda harus paham bagaimana cara membuat promosi diri dengan melihat berbagai contoh dari berbagai sumber. Dengan begitu Anda akan membuatnya secara elegan sehingga menarik HRD (Human Resource Development). 

Apakah dalam  Surat Lamaran Pekerjaan Memuat Promosi Diri? Ini Tipsnya

Dalam membuat surat lamaran pekerjaan tentu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Meskipun berbentuk surat, namun surat lamaran yang Anda lampirkan saat ingin melamar sebuah pekerjaan, menentukan siapa Anda.

Meski sepele, faktanya pembuatan surat lamaran yang apik dan juga rapi ternyata mempunyai nilai tersendiri dimata HRD perusahaan. Tentu Anda ingin mendapatkan nilai tersebut bukan?

Baca Lainya:  BCA live adalah

Membuat promosi diri dalam surat lamaran kerja memang sangat penting agar cepat dikenal oleh HRD. Berikut ini adalah tips cara membuat tulisan promosi diri yang benar :

Kenali Skill Anda 

Promosi diri tidak berbeda dengan menjual produk atau jasa. Namun di sini yang Anda promosikan adalah keunggulan diri sendiri. Maksudnya punya skill  apa saja yang dapat dijelaskan pada surat lamaran kerja. Misalnya, Anda sebagai public speaking, akuntan, programming, administrasi ms office, dan lain-lain. 

 

Lamaran Sesuai Skill 

Antara skill dan lamaran kerja harus sinkron agar punya peluang besar untuk diterima. Misalnya, jika yang dibutuhkan sebagai editor buku maka Anda harus punya pengalaman menulis artikel, menulis buku, layouter, ghost writer, dan lain sebagainya. 

 

Mencantumkan Pengalaman Kerja 

Apakah dalam surat lamaran pekerjaan memuat promosi diri diperlukan? Tentu hal ini sangat penting untuk menggambarkan kompetensi Anda. Apalagi jika promosi diri tersebut sesuai dengan posisi lowongan kerja.

 

Baca Lainya:  TANGIS HARU SAMBUT KEMBALINYA 9 SISWA SMP JUARA BANDUNG DARI PROGRAM KARANTINA TAHFIDZ

Tidak Perlu Perkenalan 

Anda tidak perlu membuat perkenalan dalam promosi diri karena HRD akan membacanya melalui CV. Jadi Anda harus menghindari memperkenalkan nama, jurusan, tahun lulus, dan data diri lainnya. 

 

Contoh Kalimat Promosi Diri 

  • Posisi Admin 

Dapat mengoperasikan MS Office serta sudah berpengalaman selama 3 tahun sehingga bisa bekerja secara team maupun individu. Sebagai pribadi yang efisien dan detail terhadap sesuatu. 

  • Design Grafis 

Sudah terbiasa dengan aplikasi design grafis seperti adobe illustrator, corel draw, dan photoshop. Berpengalaman sebagai freelance desain grafis. Punya ide-ide kreatif yang dituangkan ke dalam grafis sesuai dengan harapan. 

  • Marketing 

Saya punya pengalaman sebagai sales and marketing di perusahaan xxx selama 2 tahun. Punya kemampuan public speaking yang baik sehingga dapat mempromosikan barang dan jasa dari perusahaan. Dapat bekerja bersama team atau individu.

Sekarang Anda sudah paham cara membuat kalimat promosi diri yang benar. Anda juga sudah tahu apakah dalam surat lamaran pekerjaan memuat promosi diri atau tidak. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.