Apakah Bisnis Rental Mobil menguntungkan?

Jadiberkah – Makin tingginya mobilitas masyarakat modern membuat kebutuhan kendaraan roda 4 atau mobil kini sangat dibutuhkan, baik itu keperluan pribadi, kelompok, atau perusahaan. Hal ini bisa menjadi peluang usaha menguntungkan jika Anda ingin mencoba membuka bisnis rental mobil atau travel.

Namun sebelum memulai usaha rental kendaraan mobil ini, sebaiknya Anda analisa dulu apa saja keuntungannya dan cara menjalankannya.

Apa Saja Keuntungan Bisnis Rental Mobil ?

Saat ini bisnis rental kendaraan mobil sangat menjanjikan karena dianggap lebih praktis. Harga mobil yang cukup mahal dan berbagai biaya tambahan didalamnya membuat banyak orang enggan untuk membeli mobil sendiri.

Selain itu kebutuhan akan kapasitas mobil juga sering berbeda-beda. Terkadang yang dibutuhkan hanya mobil kecil untuk berwisata bersama keluarga.

Namun pada waktu tertentu membutuhkan mobil yang cukup besar untuk mengangkut banyak anggota orang. Dan jasa rental mobil siap menyediakan mobil sesuai kapasitas yang diinginkan.

Selain kebutuhan yang cukup urgent akan alat transportasi, membuka bisnis rental mobil atau travel juga membawa banyak keuntungan bagi pegiatnya diantaranya melalui cara berikut.

Bisnis Rental Kendaraan Bisa Tanpa Modal

Anda mungkin mengira bahwa memulai usaha rental mobil membutuhkan modal yang cukup mahal. Harus mengeluarkan uang yang banyak untuk membeli mobil dan biaya perawatan.

Namun hal tersebut bisa disiasati agar Anda dapat membuka usaha rental mobil dengan modal yang cukup rendah atau bahkan tanpa modal. Bisa dengan kredit mobil atau memanfaatkan kendaraan mitra.

Baca Lainya:  Cara Menjadi Mitra Usaha tanpa Modal yang Menguntungkan

1. Cara pertama dengan kredit mobil

Harga mobil di pasaran bisa mencapai ratusan juta rupiah, dan itu sangat memberatkan jika harus dibayar lunas. Dengan uang muka 5 juta hingga 10 juta, kini Anda sudah bisa mendapatkan satu unit mobil untuk disewakan.

Anda mungkin membutuhkan biaya perawatan pertama mobil, namun jumlah tersebut juga tidak melampaui harga sebuah mobil yang dibayar tunai.

Setelah bisnis mulai dijalankan, Anda bisa memanfaatkan hasil dari sewaan tersebut untuk membiayai perawatan dan membayar cicilan mobil. Sedikit meringankan bukan? Tidak perlu langsung mencari mobil ukuran besar dan harga yang mahal, mulai saja dengan investasi yang kecil.

2. Cara kedua, Anda bisa bekerja sama dengan mitra

Usaha rental kendaraan mobil dengan cara bermitra sangat simpel dan tidak perlu memiliki kendaraan sendiri.  Cukup bekerja sama dengan mitra yang mempunyai unit kendaraan dan hubungkan mereka dengan penyewa.

Apabila bisnis ini dikelola dengan serius, Anda tidak hanya mengandalkan keuntungan dari mobil kecil saja, namun juga mobil-mobil dengan kapasitas besar.

Kelebihan Menjalankan Bisnis Rental Kendaraan

Kebutuhan kendaraan roda 4 saat ini bukan hanya untuk kepentingan pribadi, namun untuk digunakan sebagai aset bisnis.

Di bawah ini salah satu asumsi keuntungan yang bisa didapatkan ketika mencoba bisnis rental mobil.

Modal Awal 1 unit avanza 1,3 E M/T, Tenor 48 bulan

DP: Rp38.780.000

Angsuran bulan pertama: Rp5.010.000

Asuransi All Risk: Rp3.000.000

Biaya Aksesori dan lain-lai: Rp5.000.000

Baca Lainya:  Mau Jual Seblak? Yuk Cari Tahu Keuntungan Jualan Seblak yang Gurih dan Fantastis!

Biaya Promosi: Rp300.000


Investasi Awal: Rp52.090.000

Biaya Operasional Perbulan

Angsuran per bulan: Rp5.010.000

Perawatan dan Servis: Rp700.000

Biaya lain-lain: Rp500.000


Total biaya perbulan: Rp6.210.000

Asumsi Omzet per Bulan

25 hari rental mobil x Rp400.000 = Rp10.000.000

Asumsi Keuntungan per bulannya

= Omzet – Biaya operasional per bulan

= Rp10.000.000 – Rp6.210.000 = Rp3.790.000

Asumsi keuntungan ini memang tidak bisa didapatkan persis setiap bulannya. Semua tergantung strategi bisnis rental kendaraan yang Anda jalankan.

Jangkauan Pasar Luas

Walau persaingan bisnis rental kendaraan cukup ketat, namun tetap ada kemungkinan untuk memasarkan bisnis Anda karena pasarnya yang cukup luas dan mndapatkan keuntungan.

Apalagi saat ini bermitra dengan perusahaan atau mitra taksi online cukup menjanjikan. selain itu Anda bisa membuat produk sampingan dari rental mobil misalnya, menyewakan mobil kepada perusahaan sebagai kendaraan perusahaan.

Bahkan Anda juga dapat menyewakan kepada perusahaan penyelenggara event. Bisnis rental mobil merupakan bisnis yang memiliki jangkauan yang luas dan beragam.

Mudah Dikelola

Usaha rental kendaraan mobil merupakan bisnis di bidang otomotif yang paling mudah untuk dijalankan. Bisnis rental kendaraan mobil bisa dijalankan di rumah sehingga memudahkan Anda untuk mengontrol usaha sekaligus keluarga.

Sebagai pemilik kendaraan, Anda juga bisa saja menyerahkan mobil Anda kepada jasa rental kendaraan mobil untuk disewakan dan mendapatkan keuntungan. Lalu jika mobil tersebut digunakan oleh konsumen, Anda akan mendapatakan persenan keuntungan sesuai dengan kesepakatan awal.

Meskipun mudah dikelola Anda tetap harus menetapkan regulasi dalam penyewaan mobil agar Anda terhindar dari penipuan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Baca Lainya:  3 Daftar Barang Toko Bangunan Paling Dicari

Anda dapat meminta bukti identitas seperti KTP, fotokopi SIM A, dan Anda juga dapat membuat formulir atau surat perjanjian berisi ketentuan-ketentuan peminjaman mobil. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari risiko penipuan oleh oknum yang menyewa mobil Anda.

Solusi Penanganan Risiko Cukup Banyak

Meskipun mudah dikelola Anda tetap harus menetapkan regulasi dalam penyewaan mobil agar Anda terhindar dari risiko seperti, mobil dibawa kabur, mobil rusak, mobil hilang, atau mobil mengalami kerusakan.

Anda dapat meminta bukti identitas seperti KTP, fotokopi SIM A, dan Anda juga dapat membuat formulir atau surat perjanjian berisi ketentuan-ketentuan peminjaman mobil.

Selain itu, Anda juga perlu mengasuransikan mobil Anda. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari risiko-risiko tersebut.

 

 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.