Apa Saja Resiko Beternak Ayam Petelur

Jadiberkah.com – Meningkatnya akan bahan pangan seperti ayam dan telur menjadikan banyak para pengusaha baru yang hadir guna meramaikan bisnis ternak guna mencoba kesuksesannya dalam dunia ternak ayam. Ada banyak sekali orang yang meraih kesuksesannya dalam beternak ayam petelur. Hal ini pun tentunya menjadi sebuah hal yang semakin menarik minat dari masyarakat untuk menjadi peternak baru. Adapun tujuan dari mereka terjun ke dunia bisnis peternakan antara lain adalah karena tingginya akan kebutuhan telur dan mahalnya harga dari telur itu sendiri.

Namun, akan sangat disayangkan tidak sedikit diantara mereka yang telah memutuskan untuk terjun ke dalam dunia bisnis peternakan yang menganalisis resiko dan peluangnya. Sehingga penting untuk Anda yang ingin terjun ke dunia bisnis peternakan ayam petelur untuk menganalisis dan memahami apa saja Resiko Beternak Ayam Petelur yang wajib kalian waspadai!

resiko beternak ayam petelur
Chicken or hen on a green meadow. Selective sharpness. Several chickens out of focus in the background

Mengenal Resiko Beternak Ayam Petelur

  1. Resiko Kematian 

Pada saat Anda memilih untuk terjun dalam usaha yang berkaitan pada makhluk hidup, maka ada satu resiko yang akan Anda alami yakni Kematian! Resiko ini merupakan risiko terbesar jika dibandingkan dengan resiko yang lainnya.  Sehingga maka dari itu agar Anda sukses dan berhasil dalam dunia peternakan Anda jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan ayam dan jangan pernah meremehkan ayam yang sakit. Sebab ayam yang sakit akan mudah menular ke yang lainnya dan untuk pencegahan Anda bisa memberikan vaksin dengan rutin.

  1. Harga Telur yang Kadang Naik Turun 
Baca Lainya:  Ini Dia 4 Cara Menjual Kue Lewat Online Agar Laku!

Telur ayam memiliki pangsa pasar yang cukup luas, tetapi bukan tidak ada mungkin hal buruk akan terjadi. Contohnya saja harga telur yang tidak stabil sehingga dapat memicu kerugian. Bahkan sampai saat ini kestabilan harga telur sendiri masih belum dapat diantisipasi dan tidak dapat dicegah.

  1. Musim yang Ekstrim 

Indonesia merupakan salah satu  Negara Tropis dan memiliki musim ekstrim pada waktu-waktu tertentu. Biasanya saat musim kering yang berurutan peternak ayam akan mengalami kerugian. Pasalnya dipicu oleh terjadinya krisis pangan seperti jagung yang menjadi salah satu bahan pokok makanan ayam petelur. Pasokan jagung yang menurun ini pun membuat peternak ayam harus mengeluarkan biaya lebih besar untuk pakan ayam. Jadi, penting untuk Anda peternak ayam petelur untuk waspada akan hal ini.

  1. Kebersihan 
Baca Lainya:  Bisnis Franchise Terlaris

Tidak hanya itu saja, kebersihan juga sangat penting! apabila Anda malas, kurang niat dan kurang tekun maka hal ini bisa jadi penghambat untuk Anda menjalani bisnis ini. Nah, jika ingin berhasil Anda harus menjalani bisnis dengan semangat dan penuh keyakinan untuk sukses.

Lalu adakah cara tepat untuk mengatasi atau meminimalisir resiko diatas pada saat beternak ayam petelur? Yuk simak pembahasan dibawah ini, karena selain mengenalkan beberapa resiko diatas kami juga akan membagikan sedikit tips sukses beternak ayam petelur.

Tips Sukses Beternak Ayam Petelur dengan Minim Resiko

  • Mencari tempat kandang ayam yang jauh dari pemukiman warga
  • Memilih bibit ayam petelur dengan cermat dan teliti
  • Mengetahui kandungan pakan yang dibutuhkan untuk ayam petelur
  • Pilihlah jenis kandang yang dapat memaksimalkan lahan
  • Kebersihan tempat dan perawatan kesehatan ayam petelur
  • Rutin sortir telur ketika masuk masa panen
Baca Lainya:  Tips Bisnis online di instagram

Ayo jangan ragu untuk berwirausaha dengan menjalani bisnis ternak ayam petelur. Walau resikonya ada, tetapi bisa kalian minimalisir dengan cara diatas!

Demikian pembahasan diatas, semoga bermanfaat dan sukses selalu teman-teman pebisnis.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.