Apa Itu Bisnis Waralaba Dan Contohnya?

Apa Itu Bisnis Waralaba Dan Contohnya? – Waralaba atau franchise adalah suatu kesepakatan dalam pembelian barang untuk menjual suatu produk, baik barang maupun jasa dari pemilik usaha. Pemilik bisnis dikenal sebagai pemilik waralaba atau penerima waralaba. Sedangkan pemberi izin usaha disebut dengan franchisee atau franchisee.

 

Dalam perjanjian kerjasama Bisnis Waralaba, biasanya pemilik bisnis akan memberikan bantuan, seperti penggunaan nama merek produk, operasional, proses produksi, pengelolaan sumber daya manusia, standar peralatan produksi, hingga pengelolaan keuangan. Sedangkan penerima waralaba akan membayar royalti dalam waktu yang telah ditentukan kepada pemilik waralaba.

Beberapa Contoh Waralaba Populer

Di Indonesia banyak sekali franchise yang bisa dilakukan, baik franchise asing maupun lokal. Saat ini banyak sekali bisnis franchise yang bisa dilakukan sesuai dengan minat dan modal Anda. Beberapa waralaba yang populer di Indonesia yaitu:

Baca Lainya:  Cara Mengaktifkan Mode Fokus Manual Sony A5000

Bisnis makanan dan minuman merupakan salah satu yang banyak dipilih orang. Beberapa contoh bisnis waralaba makanan yang terkenal antara lain:

Teh Khun Thai

Minuman Thai Tea merupakan salah satu jenis minuman yang saat ini banyak diminati. Waralaba Khun Thai Tea merupakan bisnis minuman kekinian yang dipercaya sejak tahun 2017. Mitra hanya perlu menyetor modal di awal usaha tanpa harus membayar royalti rutin. Peralatan dan bahan baku banyak diperoleh dengan membayar biaya modal sekitar Rp. 17 juta.

Ayam Goreng Sabana

Salah satu waralaba ayam goreng lokal yang banyak dijumpai adalah Ayam Goreng Sabana. Hingga saat ini, Ayam Goreng Sabana memiliki penggemarnya sendiri dan dianggap memiliki rasa yang enak seperti ayam gorengnya yang terkenal. Selain itu harga seporsi ayam goreng dan nasi juga cukup murah sehingga banyak orang yang memilih Ayam Goreng Sabana.

Baca Lainya:  Omzet Franchise Sabana

Modal yang dibutuhkan untuk membeli franchise Sabana Fried Chicken sekitar Rp. 16,7 juta. Sabana Fried Chicken akan memantau perkembangan bisnis selama tiga bulan. Bisnis franchise Sabana Fried Chicken yang sukses bisa mendapatkan omzet hingga Rp 20 juta dalam satu bulan.

Churros Delicio

Salah satu jajanan yang paling populer adalah churros. Bagi yang tertarik dengan bisnis makanan manis, Churros Delicio bisa dipilih sebagai salah satu sajian yang menjanjikan. Modal usaha yang dibutuhkan sekitar Rp. 9 juta sampai dengan Rp. 10 juta dengan penawaran paket kemitraan 1 mesin pengisi. Selain itu, mitra tidak akan dikenakan royalti, hanya pembayaran modal di awal bisnis. Demiianlah ulasan tentang Apa itu bisnis waralaba dan contohnya semoga bermanfaat.

Baca Lainya:  Usaha Investasi Saham Menurut Agama Islam

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.