Alat dan Perlengkapan Untuk Ternak Ayam Petelur

ilustrasi gambar ayyam ternak petelur

Jadiberkah.comBeternak di era zaman modern saat ini memang menjadi salah sebuah cara tepat dalam memperoleh keuntungan. Bagaimana tidak, jumlah kebutuhan pasar terkait telur ayam saat ini semakin tinggi saja, bahkan jika dilihat secara garis besar harga dari telur ayam sendiri seringkali mengalami lonjakan. Sehingga tidak heran jika beternak menjadi pilihan tepat bagi sebagian masyarakat. Selain memberikan keuntungan, beternak juga bisa menjadi sebuah kegiatan yang cukup menyenangkan loh bahkan diyakini dapat meminimalisir rasa bosan.

ilustrasi gambar ayyam ternak petelur
A flock of chickens in search of food late in the day

Lantas Apakah Anda Tertarik Untuk Usaha Ternak Ayam Petelur?

Jika benar Anda tertarik untuk menggeluti dunia ternak ini, maka saat ini kalian berada di laman yang tepat! Karena di kesempatan ini kami akan membagikan sedikit pembahasan mengenai apa saja Alat dan Perlengkapan Ternak Ayam Petelur yang bisa kalian persiapkan.  

Alat dan Perlengkapan Pendukung untuk Ternak Ayam Petelur

Selain jenis kandang dan lokasi tempat ternak yang harus diperhatikan, adapun beberapa peralatan pendukung yang digunakan. Beberapa peralatan yang seharusnya ada di setiap jenis kandang antaranya adalah:

Baca Lainya:  Ternak Ayam Pedaging Rumahan Agar Cepat Panen

1. Alas Lantai

Alas lantai atau yang lebih dikenal dengan sebutan litter adalah salah sebuah bahan seperti serutan kayu, sekam maupun pasir yang ditujukan guna menutupi bahan alas kandang. Pemberian litter sendiri bertujuan supaya ayam tidak merasa kedinginan karena secara tidak langsung kaki ayam terlindungi oleh litter tadi.

 2. Grit, Tempat Makan dan Minum

Grit, adalah bahan penambah ransum ayam yang berupa kapur pecahan granit, kulit kerang, batu kecil dan partikel lain yang tipenya sedikit keras. Untuk tipe ayam petelur disarankan menggunakan tempat makan dengan bentuk persegi atau bulat datar untuk mempermudah anak ayam ketika mengambil makanan. Minuman untuk ayam petelur pun umumnya memiliki bentuk memanjang atau bisa juga pakai tempat minum dengan bentuk sarang koloni.

3. Tempat Untuk Bertelur

Penyediaan tempat ini sendiri ialah bertujuan agar dapat mempermudah proses pengambilan telur dan menjaga kulit telur dari aneka kotoran. Pemberian tempat ini juga dapat meminimalisir terjadinya telur pecah yang disebabkan terinjak atau termakan. Penempatannya pun bisa di sesuaikan dengan tipe kandang yang dipakai.

Baca Lainya:  Langkah Mudah Memulai Usaha dan Modal Kecil Ternak Ayam Petelur

4. Alat Pemanas

Alat pemanas atau yang lebih akrab disebut Brooder memiliki peranan penting dengan tujuan menghangatkan ruangan agar ayam tidak merasa kedinginan, terlebih ketika musim hujan. Alat pemanas ini pun memiliki ciri bentuk lampu pijar, kompor, gasolek atau lampu minyak. Penggunaan alat ini pun guna menghangatkan ayam dengan jumlah banyak.

5. Termometer

Dan yang tak kalah penting dalam perawatan ayam ternak telur adalah, termometer sebagai alat pengontrol suhu di dalam kandang. Penggunaan ini pun bisa membantu para peternak guna memantau suhu optimal yang baik di dalam kandang.. dengan begitu, peternak dapat dengan sigap mengambil langkah guna meningkatkan atau menurunkan suhu agar dapat mencapai suhu optimal di kandang. Peletakan alat yang satu ini pun disarankannya tidak mengganggu ketenangan ayam dan diletakkan di tempat yang mudah untuk si peternak pantau.

Baca Lainya:  Cara Ternak Bebek Petelur Modern?

Nah, jadi sekarang sudah tahu bukan apa saja yang dibutuhkan dalam beternak ayam petelur? Lantas, sekarang masih bimbang dan cemas untuk memulai usaha ternak ayam?

Yuk jangan tunggu lama lebi langsung saja dilakukan agar kalian bisa melihat langsung hasil yang diperoleh dari beternak ayam petelur di era zaman serba modern ini. Selamat mencoba semoga berhasil dan jangan pantang menyerah ya teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.