5 Tips Melamar Pekerjaan Bagi Pemula, Wajib Coba! 

Jadiberkah.com – Rasa cemas sering kali muncul saat seseorang ingin mengajukan lamaran kerja ke sebuah perusahaan. Kejadian ini kerap dialami oleh pemula yang baru saja lulus dari SMA atau perguruan tinggi. Tips melamar pekerjaan bagi pemula ini sangat dibutuhkan bagi mereka.

Perlu diketahui bahwa tips melamar pekerjaan bagi pemula harus dicari tahu. Tujuannya pun tidak lain adalah untuk memupuk beberapa hal yang berkaitan dengan diri pribadi pelamar itu sendiri.

Seperti ulasan menarik berikut ini, ulasan menarik mengenai tips melamar pekerjaan untuk pemula. Yuk simak!

5 Tips Melamar Pekerjaan Bagi Pemula

Melamar di sebuah perusahaan memang memiliki gengsi tersendiri. Tidak heran bila para calon pelamar, gugup terlebih dulu sebelum mengajukan lamaran kerja. Namun Anda tidak perlu cemas. Berikut ada 5 tips melamar pekerjaan bagi pemula.

Jangan Memilih Pekerjaan

Mungkin ada orang yang berpendapat bahwa lulusan ekonomi, harus bekerja di bidang yang sesuai juga. Begitu pula bagi lulusan yang lain, ada keinginan agar bisa bekerja di tempat yang sesuai dengan jurusan saat kuliah.

Namun di masa kini, terlebih bagi para pemula, tidak perlu banyak memilih. Sengitnya persaingan kerja membuat lowongan yang ada semakin sedikit. Jadi tidak ada salahnya untuk menerima pekerjaan yang ada dulu. Sampai suatu saat nanti memiliki kesempatan bekerja di tempat sesuai keinginan Anda.

Jangan Mudah Menyerah

Meski persaingan dalam memperoleh pekerjaan selalu ada, maka sebaiknya Anda jangan mudah menyerah. Terus mencoba untuk mengirimkan surat lamaran ke berbagai perusahaan yang membuka lowongan. Semakin banyak lamaran yang dikirim, semakin besar peluang untuk diterima oleh salah satu perusahaan.

Menariknya lagi kini Anda tidak perlu pergi atau mengirim surat lamaran melalui pos. Karena dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, mengirim surat lamaran bisa Anda lakukan melalui email.

Baca Lainya:  Menghidupi Anak Dan Istri, Pekerjaan Apapun Saya Lakukan

Bahkan kini pun juga sudah ada banyak portal atau website lowongan pekerjaan yang menyediakan ragam pekerjaan. Yang mana nantinya pekerjaan tersebut bisa disesuaikan dengan minat Anda.

Terus Belajar

Kemajuan teknologi membuat kita harus terus mengasah diri agar bisa mengikuti perkembangan zaman. Sementara belum memperoleh pekerjaan, mungkin Anda bisa menambah keterampilan dengan mengikuti berbagai kursus. Misalnya kursus bahasa Jepang, kursus elektronik atau kursus yang lain.

Optimis

Meski masih terus berproses dalam mengirim lamaran kerja, tetaplah bersikap optimis dan ceria. Sikap ini akan menularkan keceriaan pada sekeliling Anda. Sehingga saat proses wawancara, peluang untuk diterima juga semakin besar.

Berdoa

Berdoa adalah tips paling akhir dan tidak bisa diabaikan begitu saja. Sebagai manusia yang percaya kepada kuasa Tuhan Yang Maha Esa, terus berdoa dan yakini doa tersebut akan dikabulkan.

Demikian 5 tips melamar pekerjaan bagi pemula. Semoga tips yang diuraikan di atas dapat membantu Anda dalam mencari pekerjaan. Wajar jika ada rasa khawatir dan cemas menghadapi persaingan kerja. Namun Anda bisa menghadapinya dengan penuh semangat.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.