5 Tips Lolos Psikotes Menggambar Orang Beraktivitas

Jadiberkah.com – Psikotes ini biasanya adalah salah satu tahapan dalam perekrutan PNS atau proses penerimaan karyawan perusahaan. Ada yang disuruh menggambar pohon, ada juga psikotes menggambar orang beraktivitas. Semua tes ini ditujukan untuk mengetahui kepribadian para pencari kerja. Setelah diketahui kepribadiannya cocok dengan yang perusahaan cari, maka orang tersebut akan segera diterima.

Psikotes menggambar orang atau biasa disebut dengan draw a person ini banyak digunakan dalam berbagai negara. Pasalnya tidak ada hambatan yang menghalangi antara peserta dan panitia penerima kerja. Mulai dari hambatan bahasa, komunikasi maupun budaya. Proses perekrutan dapat berjalan dengan lancar.

5 Tips Agar Lolos Psikotes Menggambar Orang Beraktivitas

Umumnya peserta akan diberi 3 lembar kertas untuk menggambar 3 objek yang berbeda. Mulai dari gambar lelaki, gambar perempuan, hingga gambar Anda sendiri. Namun instruksi dalam setiap perekrutan, bisa saja berbeda. Jadi dengarkan setiap instruksi yang diberikan. Anda juga bisa mengikuti 5 tips berikut agar lolos psikotes menggambar orang beraktivitas.

Baca Lainya:  Begini cara klaim PLN listrik gratis bisa lewat WA loh

Tentukan Profesi

Saat ingin menggambar orang, Anda bisa menentukan terlebih dulu profesi orang yang ingin digambarkan. Bila ingin menggambar profesi seorang dokter, maka tambahkan jas putih serta stetoskop yang menggantung di leher. Dengan begini pesan yang ingin disampaikan ke panitia, dapat dirasakan dengan tepat.

Sedang Beraktivitas

Lebih baik bila orang tersebut digambarkan sedang beraktivitas sesuai dengan pekerjaannya. Bila menggambar dokter, usahakan gambar tersebut menunjukkan dokter yang sedang memeriksa pasien. Begitu juga untuk gambar arsitek, bisa menggunakan gambar arsitek yang sedang ingin membangun gedung. Ini menunjukkan Anda adalah orang yang selalu giat bekerja, bukan berpangku tangan begitu saja.

Gambar Secara Utuh

Gambar yang utuh dan detail dapat menambahkan penilaian baik dari panitia perekrutan tersebut. Ini menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang teliti, juga cermat ketika menyelesaikan pekerjaan. Hanya saja tidak perlu berlebihan, misalnya saat menggambar wajah. Hal tersebut justru menunjukkan Anda tidak percaya diri dengan dengan penampilan diri sendiri.

Sesuai Kelamin Anda

Saat menggambar, sebenarnya Anda tengah menunjukkan kepribadian yang sesungguhnya. Jadi akan lebih baik bila gambar tersebut menunjukkan jenis kelamin sesuai dengan penggambarnya. Jika Anda lelaki, gambarlah sosok laki-laki juga. Begitu juga bila Anda perempuan, lebih disarankan untuk menggambar sosok perempuan pula. Sebaiknya sosok tersebut juga sedang beraktivitas dan tengah tersenyum. 

Proporsional

Menggambar kepala, tangan badan maupun kaki, sebaiknya dalam bentuk yang proporsional. Jangan sampai tangan tampak lebih besar dari anggota tubuh lain. Ukuran yang terlalu besar, bisa menunjukkan bahwa penggambarnya adalah orang dominan dan sudah diajak kerja sama. Terlalu kecil justru menampakkan bahwa Anda adalah orang yang tidak percaya diri, ini juga merepotkan untuk perusahaan.

Demikian 5 tips yang bisa Anda ingat saat mengerjakan psikotes menggambar orang beraktivitas. Meski begitu, saat menghadapi tes psikotes tersebut, kerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki. Sehingga dapat diterima pada posisi yang Anda inginkan selama ini.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.