Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membuka Usaha Warteg Prasmanan

Jadiberkah.com – Pada masa pandemi sekarang ini, warung murah meriah mulai banyak yang melirik. Warung yang menjual makanan khas kota Tegal ini memang menyasar kalangan menengah ke bawah. Makanan dan minuman yang dijual dibanderol dengan harga yang relatif tidak mahal. Oleh karena makin banyak peminatnya, usaha warteg prasmanan akhirnya menjamur, terutama di kota besar.

Model makan prasmanan memang digandrungi di banyak tempat makan. Apalagi, bila mayoritas pembelinya adalah anak muda. Pemilik warung memang harus kreatif menyajikan berbagai inovasi agar tidak kalah bersaing.  Anda yang ingin memulai usaha mungkin tertarik membuka usaha warteg prasmanan ini tentu harus memiliki banyak ide.

Hal Penting Sebelum Buka Usaha Warteg Prasmanan

Usaha warteg prasmanan

Pembeli yang bisa leluasa memilih sendiri makanan favoritnya akan menjadi daya tarik yang membuat usaha ini laris manis. Namun, sebelum memulai, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal penting berikut ini.

1. Lokasi Strategis

Lokasi yang strategis bisa menjadi salah satu penentu keberhasilan usaha ini. Membuka warteg di sekitar perkantoran, sekolah, atau pemukiman yang ramai tentu lebih strategis dibanding di tempat yang terpencil. Lebih baik jika memperhatikan ketersediaan lahan parkir agar tidak menyulitkan pembeli.

2. Jenis Masakan

Jenis masakan di warteg biasanya memang beraneka macam. Anda sebaiknya mengamati menu/jenis masakan apa saja yang biasanya laris diburu pembeli.  Bila sudah tahu apa saja, sebaiknya makanan itu wajib ada di warteg Anda. Sebaliknya, jangan karena ingin terkesan ramai, makanan yang tidak terlalu diburu, apalagi kurang laku, sebaiknya tidak perlu disediakan. 

3. Ada Sumber Daya Yang Melayani

Pastikan ada sumber daya manusia yang melayani pembeli di warteg Anda. Ketika ramai, Anda mungkin kesulitan bila harus melayani sendiri.

4. Tempat Bahan Baku Dekat

Tempat bahan baku yang tidak jauh juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Tentu saja supaya bisa segera diolah tanpa menunggu waktu terlalu lama.

5. Tempat Makan dan Minum Cukup Tersedia

Sebaiknya Anda memastikan, tempat makan dan minum memadai untuk dikonsumsi di tempat. Jangan terlalu kecil agar tidak berdesakan. 

Demikian lima hal yang harus diperhatikan sebelum membuka usaha warteg prasmanan. Setiap orang memiliki cara sendiri untuk sukses. Masing-masing punya peluang, asal mau melihat peluang dan memanfaatkannya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.