4 Cara Melamar Kerja di Bank Tanpa Ada Lowongan

Jadiberkah.com – Pada dasarnya kebutuhan tenaga kerja untuk bank semakin berkurang karena digitalisasi perbankan. Namun tetap tidak ada salahnya bila Anda harus ketahui cara melamar kerja di bank tanpa ada lowongan.

Bahkan bila Anda yang mempunyai latar belakang pendidikan sains, teknologi, engineering, dan matematika kebutuhannya tetap tinggi meski lowongan tidak dibuka secara resmi. Anda juga tetap harus tahu cara melamar kerja di bank tanpa ada lowongan dengan pasti. Seperti ulasan yang ada di bawah ini!

4 Cara Melamar Kerja di Bank Tanpa Ada Lowongan Yang Tepat

Pada dasarnya ada beberapa langkah dalam melamar kerja. Namun pada poinnya tetap akan termasuk bagaimana cara melamar kerja di bank tanpa ada lowongan yang benar.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda perhatikan langkah-langkah berikut ini, diantaranya adalah :

Mencari Informasi Lowongan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat mencari kerja adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya.

Lowongan bisa diperoleh dari iklan baris surat kabar dan portal berita online. Ada juga portal khusus lowongan kerja, Instagram, dan berita dari kampus tempat Anda menyelesaikan pendidikan. Selain itu, teman atau kerabat alias orang dalam dapat pula dimanfaatkan. Yang terpenting ada niat yang kuat untuk mencari pekerjaan di bank.

Info lowongan kerja biasanya mendeskripsikan syarat tertentu selain pendidikan, seperti usia, keahlian tambahan, dan domisili. Pastikan Anda memenuhinya agar tidak terlalu berharap dan sia-sia.

Menitipkan pada Orang Dalam

Bagaimana jika Anda ingin kerja di bank dan tidak ada info lowongan? 

Untuk yang satu ini Anda harus benar-benar mengandalkan orang dalam. Karena tidak dipungkiri juga kalau faktor orang dalam mempunyai peranan yang penting.

Buatlah surat lamaran dan titipkan kepada mereka.  Jangan pernah datang ke sebuah perusahaan, termasuk bank dan menitipkan surat kepada satpam atau resepsionis. Jika tidak ada lowongan, mereka belum tentu menyampaikannya. 

Usahakan pula untuk tidak mengirim lamaran secara online.

Dengan menitipkan pada orang dalam, kemungkinan disampaikan kepada HRD lebih besar. Paling tidak, jika ada berita lowongan, mereka dapat sigap menyampaikannya.

Dan yang terpenting jaga kepercayaan dari orang yang sudah membawa Anda masuk ke perusahaan tersebut. Jangan sampai menjadi bumerang bagi orang dalam tersebut nantinya.

Memperhatikan Waktu Pengiriman

Langkah ketiga ini khusus untuk Anda yang mengirim lamaran jika ada info penawaran. Pastikan waktu pengiriman tidak melebihi tenggat yang ditentukan.

Bagaimanapun juga waktu pengiriman surat lamaran pekerjaan adalah salah satu cara yang tepat dan harus dipahami. Jangan sampai telat kirim dan akhirnya tidak jadi masuk kerja.

Mengirimkan Lamaran ke Beberapa Tempat

Terakhir, buatlah lamaran untuk beberapa tempat atau perusahaan. Makin banyak yang dikirim, kesempatan untuk diterima dan segera bekerja akan makin terbuka. 

Tidak harus mendatangi perusahaan yang dituju, cukup dengan mengirimkan email berikut dengan berkas-berkas yang dibutuhkan, Anda tidak perlu repot memikirkan ongkos dan uang makan.

Bagaimana, tidak sulit bukan langkah atau cara melamar kerja di bank tanpa ada lowongan di atas? Tentu saja tidak, yang penting Anda mau berusaha. Apalagi untuk fresh graduate, teruslah berusaha! Semoga sukses!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.