Qunut nazilah latin dan artinya penangkal segala bentuk musibah

Jadiberkah.com – qunut nazilah latin dan artinya penangkal segala bentuk musibah.
Akhir akhir ini bencana juga pendemi virus begitu terasa yaitu virus Corona yang saat ini melanda dunia juga termasuk negara indonesia.majelis ulama Indonesia pernah menghimbau agar kita mengamalkan qoa qunut nazilah,sebenarnya apa keutamaan dari qunut nazilah tersebut..?

Sejarah qunut nazilah

Perlu diketahu teman teman semua dimanapun anda berada,nazilah mempunyai arti yang sangat kuat yaitu “PETAKA” atau hisa bisebut juga musibah yang menimpa seseorang.pada waktu itu rosullulah membacakan qunut nazilah selam 1 bulan setelah mendapatkan musibah yang sangat luar biasa membuat nabi Muhamad sangat bersedih.

Dikutip dari situs dompetdhuafa.org menceritakan sejarah doa qunut nazilah sebagai berikut :

” Dikisahkan dalam hadits, suatu hari Rasulullah mendengar kabar, tentang kematian sahabatnya dalam rombongan Al-Qurra. Orang-orang pilihan, 70 orang sahabat yang ahli membaca Al-Qur’an.

Rombongan ini adalah bantuan yang dikirimkan oleh Rasulullah untuk kaum Ushoyyah, Ri’il, Dzawan, dan Bani Lahyan. Namun, kaum yang diberikan bantuan ini berkhianat. Mereka membunuh rombongan Al-Qurra, dan hanya menyisakan satu orang saja.

Baca Lainya:  Amalan doa mustajab agar cepat mendapatkan jodoh

Mendengar kabar tersebut, Rasulullah sangat sedih. Kemudian beliau membaca doa qunut nazilah untuk memohon balasan Allah, kepada orang-orang musyrikin. Seperti yang hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari:

“Dari Anas bin Malik, bahwa (suku) Ri’il, Dzakwan, Ushoyyah, dan Bani Lahyan meminta bantuan orang kepada Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk menghadapi musuh, Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan bantuan 70 orang Anshor. Kami menyebut mereka sebagai Qurra’ (Para hafizh) di zaman mereka. Kebiasaan Qurra’ ini adalah mencari kayu bakar di siang hari dan melaksanakan shalat lail di malam hari. Ketika 70 orang Anshor ini berada di Bi’ir Ma’unah, mereka dibunuh dan dikhianati oleh suku Ri’il, Dzakwan, Ushoyyah, dan Bani Lahyan. Berita ini sampai kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , maka Beliau melakukan Qunut Nâzilah selama sebulan pada shalat Shubuh mendoakan kecelakaan terhadap suku-suku Arab itu, yaitu Ri’il, Dzakwan, Ushoyyah, dan Bani Lahyan.”

Baca Lainya:  Lengkap Doa niat sebelum dan sesudah sholat gerhana bulan dan matahari

Doa qunut nazilah juga pernah dibacakan oleh Umar bin Khattab dan Ali bin Abi Thalib ketika menghadapi pasukan Muawiyah dan penduduk Syam. Pernah juga dibacakan oleh Ash Shiddiq, ketika memerangi Musaila-mah Al-Kadzdzab dan ahli kitab.”

Anda bisa membacakan doa qunut nazilah pada saat terjadi musibah misal yang terjadi di Indonesia diantaranya: longsor ,gempa bumi,banjir bandang atau pendemi virus Corona saat ini yang semakin memprihatinkan.

Tujuan membaca doa qunut nazilah:

Kita memohon dan berserah diri bersama kepada Alloh SWT agar kita ditunjukan solusi musibah ini agar cepat teratasi dan cepat berlalu.anda bisa membacanya setelah sholat lima waktu baik berjamaah maupun sendiri atau setelah sholat sunah lainya.

Tata cara

Tata cara membaca doa qunut nazilah,anda bisa mengamalkan atau membaca pada rakaat terakhir sholat setelah gerakan rujuk,jika nada melakukan secara berjamaah ,imam membacakan doa qunut nazilah ini dengan mengangkat kedua tangannya untuk memohon kepada Alloh SWT.setelah doa selesai anda tidak perlu mengusap kedua tangan pada wajah.
Doa dibacakan secara pelan pelan saja dan bila dibacakan setelah sholat Dzuhur dan ashar .
Doa qunut nazilah dibacakan dengan keras setelah sholat subuh ,Maghrib dan isya.dan bila dibacakan oleh imam maka harus mengganti kata ganti diri sendiri menjadi kata ganti banyak orang.

Baca Lainya:  Kumpulan doa berpakaian lengkap dan artinya

Tata cara ini tercatat dalam hadits riwayat Ahmad, “Rasulullah SAW melaksanakan qunut nazilah selama sebulan secara berturut-turut di dalam Shalat Dhuhur, Ashar, Maghrib, Isya’ dan Shubuh. Setiap kali usai mengucapkan: “Sami’allahu liman hamidah” Dari raka’at terakhir, mendo’akan kejelekan atas mereka, yaitu perkampungan Ri’il, Dzakwan dan ‘Ushayyah dari Bani Sulaim. Sedangkan orang-orang dibelakangnya mengucapkan “Aamiin”. (HR. Ahmad)

Bacaan Doa Qunut Nazilah

Berikut ini adalah doa qunut nazilah yang Rasulullah bacakan, setelah ditimpa musibah terbunuhnya para sahabat rombongan Al-Qurra.

Lanjut halaman berikutnya=>

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.