Ketahui 2 Macam Takaran Bumbu Seblak Untuk Jualan

Jadiberkah.com – Seblak termasuk makanan ringan yang disukai banyak orang. Oleh karena itu, sudah banyak yang jualan seblak. Tidak semua resep seblak sama, terutama untuk takaran bumbu seblak untuk jualan. Karena banyak peminatnya, mulai dari remaja, mahasiswa, bahkan orang tua. Jual seblak bisa dijadikan salah satu pilihan bisnis. 

Jadi, yang pertama harus Anda perhatikan sebelum tahu takaran bumbu seblak adalah ketahui rasa  dan bahan yang akan dipakai jualan seblak. Seperti yang akan diulas dibawah ini!

Macam Takaran Bumbu Seblak Untuk Jualan

Supaya bisnis seblak Anda berjalan lancar, maka sangat penting untuk memperhatikan takaran bumbu seblak untuk jualan. Perlu diketahui, ada dua macam seblak. Yakni seblak basah dan seblak kering. Meskipun sama-sama seblak, cara pembuatan dan bahannya sedikit berbeda. Untuk lebih jelas cara pembuatannya, simak resep di bawah ini.

Seblak kering

Meskipun masih jarang diperjual belikan, namun tidak ada salahnya jika mengetahui resep seblak kering. Tentu saja bahan utama seblak adalah kerupuk aci, kanji, atau kerupuk lainnya yang Anda suka. Rendam kerupuk tersebut di dalam air yang sebelumnya diberi sedikit minyak. Jika sudah agak mengembang, rebus rendaman kerupuk. Ingat jangan sampai mendidih, karena kerupuknya bisa menjadi kerupuk goreng. Jika sudah agak mengembang segera tiriskan. 

Di lain tempat haluskan cabe, 6 siung bawang putih, dan 5 siung bawang merah.  Untuk takaran cabe sesuaikan dengan selera. Tumis bumbu tersebut dengan api kecil. Tambahkan gula, garam, penyedap rasa, dan daun jeruk nipis. Koreksi rasa, jika sudah pas masukkan kerupuknya. Aduk sampai rata. Seblak kering siap dihidangkan.

Seblak basah

Berbeda dengan seblak kering, resep seblak basah lebih banyak dan beragam. Tentu saja bahan utamanya masih kerupuk. Sedangkan bumbu halusnya ada cabai rawit dan keriting dengan jumlahnya sesuai selera. 6 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, kemiri satu buah, kunyit dan kencur satu ruas. Untuk bahan tambahannya bisa sediakan sayur sawi, ceker ayam, baso, dan sosis. 

Tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan air, gula, garam, penyedap, daun jeruk. Lanjut dengan memasukkan kerupuk yang sudah direndam di dalam air. Masukkan bahan tambahan, sekaligus telur. Tambahkan air jika menginginkan banyak kuah. Aduk sampai rata, hidangkan setelah semua matang. 

Itulah dua resep beserta takaran bumbu seblak untuk jualan. Untuk variasi, jual seblak dengan berbagai tingkat kepedasan. Sehingga semua kalangan konsumen bisa merasakannya.

Yang paling penting, beli bahan dengan kualitas baik agar rasa.lebih mantap dan gurih. Jangan mudah menyerah dan terus maju untuk bisnis seblak, selalu buat inovasi agar konsumen tidak merasa bosan. Semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.