Macam-Macam Alat Tambal Ban untuk Kebutuhan Bengkel

Jadiberkah.com – Usaha di bidang bengkel memang sangat menggiurkan karena balik modalnya cepat dan hasilnya pun berlipat ganda. Untuk membuka usaha ini, tentu Anda harus punya alat tambal ban lengkap untuk mobil dan motor.

Biasanya usaha ini dikerjakan sendiri oleh orang yang ahli memperbaiki kendaraan roda dua atau empat (montir). Bila usaha sudah berkembang maka orang tersebut akan menggaji karyawan untuk membantunya. Jika Anda punya keahlian montir dan ingin membuka bengkel maka harus membeli peralatannya secara lengkap.

Jenis-Jenis Alat Tambal Ban dan Cara Pemakaiannya

Alat tambal ban tubles adalah alat untuk melapisi bagian dalam dari ban sampai bagian partikel paling kecil. Di bawah ini adalah macam-macam alat tambal ban yakni :

Baca Lainya:  Ingin Berbisnis Seblak! Ketahui 3 Resiko Jualan Seblak

String Tubles 

Alat ini berbentuk seperti cacing sehingga disebut tambal cacing. Alat ini juga sering dijumpai di tempat tambal ban. Kekuatan tambalannya sekitar 4 sampai 6 bulan. Setelah lebih dari waktu tersebut maka angin merembes dari bekas tambalannya.

 

Peluru 

Alat tambal ban berikutnya yaitu peluru. Alat ini juga sama mirip dengan cacing. Tambal ban peluru membutuhkan teknik   material penutup lubang ban yang bocor dengan bentuk menyerupai peluru.

Body-nya juga berbentuk silinder dengan ujung tajam. Cara pemasangannya sama dengan string ban tubles. Perbedaannya terletak pada bentuk tambalannya. 

 

Tire Patch 

Tehnik alat tire patch lebih bagus dibanding model cacing serta peluru. Tehnik ini harus membuka ban dari velg sebab tire patch akan ditempel pada bagian dalam ban.

Bagian ban yang bocor akan dikikis sebelum dipasang tire patch, lalu ditekan dengan alat yang diberi pemanas beberapa saat sampai melekat.

Payung 

Tambal payung sama dengan tire patch yaitu harus melepas ban dari velg. Tehniknya yaitu dengan menggunakan kompresor kemudian tiang penambal lubang dimasukan ke dalam ban.

Setelah tiang masuk, lalu dikunci dengan klip yang dipasang pada bagian permukaan ban. Selanjutnya, lembaran karet pada pangkal tiang dipanaskan dengan suhu 150C agar melekat pada ban. 

 

Baca Lainya:  Daftar Usaha Waralaba Yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mencobanya

Kehadiran tambal ban banyak membantu para pengendara saat terjadi kebocoran ban dan masalah lainnya. Usaha di bidang alat tambal ban adalah peluang bisnis yang menjanjikan kesuksesan.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.