Hadits tentang menyiman emas yang perlu anda ketahui

Jadiberkah.com – Emas merupakan logam yang memiliki warna kuning kemerah-merahan, dan perak merupakan logam yang memiliki warna putih. Emas saat ini merupakan salah satu investasi yang sangat diminati oleh semua kalangan investor sebab cenderung lebih mudah dan murah.

Sejak zaman dahulu emas ini telah digunakan sebagai alat tukar ketika ingin membeli barang termasuk juga ketika zaman Rasulullah SAW. Beberapa hadis dan firman Allah telah disebutkan terkait menyimpan atau menimbun emas dalam Islam ini yang telah dicantumkan dalam beberapa ayat Alquran seperti :

Surat Al Imran ayat 91;

“Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka bagaimanapun tidak akan diterima (tebusan) dari seorang di antara mereka sekalipun (berupa) emas sepenuh bumi, meskipun dia menebus diri dengan emas  itu. Bagi mereka siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak mendapatkan penolong”.

Baca Lainya:  Keuntungan Investasi Reksadana Tokopedia Yang Perlu Anda Ketahui

Nabi Muhammad SAW bersabda “Akan tiba suatu zaman dimana tiada apa yang bernilai dan boleh digunakan oleh umat manusia melainkan Dinar dan dirham” (hadits dari musnad Imam Ahmad bin Hanbal)

Firman Allah dalam surat Al Quran At Taubah 34-35

“Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahinya pada jalan Allah,  maka beritahukanlah kepada mereka bahwa mereka akan mendapat siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas di dalam neraka jahannam lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka lalu berkata kepada mereka ‘inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri maka rasakanlah sekarang akibat dari apa yang kamu simpan itu’ “.

Baca Lainya:  5 Contoh Budidaya Ikan Air Tawar yang Menguntungkan

Demikian hadist dan firman Allah SWT yang menjelaskan tentang menyimpan emas. Jadi ketika anda menyimpan emas jangan sekali-kali tidak mengeluarkan zakat atas emas yang anda miliki tersebut. Hal itu sangat berakibat fatal yang akan anda tanggung di akhirat nanti.

Sebaiknya ketika anda mempunyai simpanan emas maka perlu untuk dizakatkan sesuai dengan syarat-syarat zakat emas yang berlaku, dengan begitu maka anda tidak termasuk orang yang serakah di jalan Allah.

Baca Lainya:  Macam-Macam Usaha Franchise
karyono

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.