3 Jenis Pajangan Rumah Makan Padang dan Fungsinya

Jadiberkah.com – Masakan Padang terkenal unik dan sangat lezat. Apalagi rendang yang dinobatkan sebagai makanan nomor 1 paling lezat sedunia. Pernahkah Anda memperhatikan, pajangan rumah makan Padang?

Tidak hanya masakan yang khas, pajangan rumah makan Padang juga unik. Beberapa di antaranya digunakan pada banyak rumah makan.

Mengapa demikian? Di bawah ini Anda akan menemukan penjelasan secara singkat!

Keunikan Pajangan Rumah Makan Padang

1. Palung atau Piring Bersusun

Pajangan yang satu ini akan selalu terlihat dari luar rumah makan.

Khas rumah makan: rendang dan beberapa jenis makanan lain diletakkan dalam piring yang bersusun dua sampai 3 tingkat. Setelah itu, saat menyajikan pelayan langsung membawa  beberapa piring sekaligus dalam satu lengan.

Menurut berbagai sumber, palung bersusun untuk menampilkan semua menu terlihat dari luar. 

Rumah makan mempunyai banyak menu. Agar tidak terlalu lama dalam memilih konsumen sudah memikirkan ingin makanan apa, sejak masih di luar.

2. Cermin Besar

Pajangan rumah makan Padang

Jika palung selalu ada di setiap rumah makan berkonsep Padang, tidak demikian dengan cermin besar.

Cermin biasanya diletakkan pada bagian tengah. Tahukah Anda apa fungsi kaca yang tersebut?

  • Pertama, cermin besar membuat ruangan menjadi tampak lebih luas dari sebenarnya. Di dalamnya dirasakan seperti ada dunia lain atau ruangan lain yang berbeda.
  • Kedua, agar orang yang makan hidangan di tempat dapat memandang dirinya sendiri. Masakan padang biasanya pedas. Orang memakannya dengan jari tangan. Pedas membuat keringat. Terkadang penampilan menjadi terganggu. Jadi, cermin sekaligus memperingatkan kepada pengunjung jika penampilannya berubah menjadi tidak rapi.
  • Ketiga, pemilik restoran dapat mengawasi seluruh pengunjung yang datang tanpa disadari karena tidak langsung menghadap konsumen.
Baca Lainya:  Ingin Penghasilan Tambahan? Buka Usaha Warung Makan Pinggir Jalan Saja

3. Gambar Kakek

Ada satu lagi pajangan yang sering ada di rumah makan Padang, meski tidak semua. Gambar seorang kakek tua yang berkopiah hitam.

Apakah itu kakek dari pemilik rumah makan? Atau justru sang kakek adalah pemiliknya? Ternyata bukan begitu alasannya.

Sang kakek diketahui adalah seorang ulama besar di daerah Pariaman, Sumatera Barat. Jadi, rumah makan yang menggunakan gambar kakek sebagai pajangan sudah pasti pemiliknya berasal dari sana.

Nama sang kakek, Syech Kiramatulla Ungku Saliah. Beberapa orang menyebutnya, Saliah.

Pemajangan fotonya dianggap sebagai sebuah penghormatan. Selain itu, gambar dianggap sebagai pembawa keberuntungan dan rejeki.

Demikian fungsi 3 pajangan rumah makan Padang yang sering ditemui. Apakah Anda pernah melihat pajangan lainnya yang sering ditemukan di rumah makan Padang? Kalau ada, yuk komen!

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.