Categories: Artikel

Tips Presentasi Mata Kuliah

Jadiberkah.com | Asalamualaikum salam sejahtera bagi kita semua,gimana kabar teman teman semoga semuanya diberi kesehatan,amin.ok teman teman kali ini saya akan berbagi tips presentasi mata kuliah  yang di kutip dari jhon afifi berikut ini.

  1. Membuat ringkasan materi mata kuliah,dalam presentasi mata kuliah,hal yang harus dibahas tentunya adalah seputar mata kuliah.oleh karena itu membuat ringkasan mata kuliah diharapkan agar anda dalam mentampaikan presentasi  bisa lebih mudah di depan mahasiswa.lantas bagaimana cara membuat ringkasan materi  mata kuliah yang akan di presentasikan yaitu anda bisa tulis pada point point materi yang sekiranya penting saja dan ditulis menjadi satu pada saat presentasi di sepan mahasiswa.
  2. Buat slide yang menarik,anda bisa membuat slide slide yang menarik guna menjadi alat bantu visual agar teman teman mahasiswa dapat menangkap dengan mudah apa yang dipresentasikan.dalam membuat slide presentasi ini anda tidak boleh asal asalan misal dengan copy paste karena akan menghasilkan bullet point yang membosankan.dan anda diharapkan bisa membuat tampilan slide,audio,warna dan gambar yang sesuai agar mahasiswa yang mengikuti presentasi tidak membosankan dan akan terlihat menarik.
  3. Latihan presentasi,setelah slide anda buat sebaiknya anda melakukan latihan presentasi agar anda benar benar menguasai isi masing masing slide dan akan menambah rasa percaya diri saat presentasi dilaksanakan.
  4. Buka presentasi dengan baik,dalam pembukaan presentasi mata kuliah ini,anda bisa membuka presentasi dengan baik dan menarik sehingga teman teman mahasiswa tertarik untuk mendengarkan presentasi sampai selesai.misal anda bisa menyapa mahasiswa,menanyakan kabar atau mengajak bercanda dan sebagainya.
  5. Sampaikan presentasi dengan cara meyakinkan,sebuah pendapat atau keyakinan akan mudah diyakini akan kebenaranya daripada opini opini yang penuh keraguan.jadi anda bisa meyakinkan audiensi  dengan meyakinkan mahasiswa .

Semoga bermanfaat dan apa yang kita lakukan bermanfaat untuk kita semua,amin

Sumber referensi: John afifi/dicetak:laksana/2018/isbn:978-602-407-302-2

Share
Leave a Comment