8 Kegiatan Yang Dilakukan Saat Hari Raya Idul Fitri

Jadiberkah.com – Idul Fitri sebentar lagi tiba, suatu moment penuh makna bagi umat islam. Setelah melewati masa puasa ramadhan, yang menjadi ajang latihan mengendalikan hawa nafsu. Dalam menyambut moment ini, ada banyak kegiatan yang dilakukan saat hari raya idul fitri.  Berikut telah penulis rangkumkan kegiatan kegiatan yang disunnahkan untuk dilakukan saat pagi raya

Kegiatan Yang Dilakukan Saat Hari Raya Idul Fitri di Pagi Hari

Dalam islam, sunnah memiliki artian sebagai hal yang apabila dikerjakan akan menambah pahala, tetapi bila tidak dikerjakan, tidak mengapa. Rujukannya langsung kepada Rasullullah. Nah berikut ini adalah kegiatan yang disunnahkan oleh Rasullulah saat pagi hari raya :

Menyambut Hari Raya Dengan Suka Cita

Perasaan suka cita ini bisa ditunjukkan dengan cara menunjukkan ekspresi bahagia, dan tersenyum tiap saat bertemu dengan sesama. Bersyukur karena akhirnya mampu memenangkan pertarungan dengan diri sendiri saat bulan ramdhan.

Bergegas Untuk Membersihkan Diri

Diantara sunah yang dianjurkan kala pagi hari raya idul fitri adalah mandi. Sunah mandi ini tampak seperti kegiatan mandi biasanya. Hanya saja ada niat khusus dan beberapa tata cara yang perlu diperhatikan. Mandi di hari raya ini, ternyata ada waktu utamanya, yakni ketika waktu malam, sampai sebelum pelaksanaan sholat idul fitri. 

Berhias dan Memakai Pakaian Bersih Yang Terbaik

Setelah selesai mandi sunnah, maka kegiatan bernilai sunnah lainnya adalah berhias dan memakai pakaian terbaik di hari raya idul fitri. Walau bagaimana pun, dalam menyambut tamu kita harus dalam kondisi berpenampilan baik, bukan?

Makan Sebelum Berangkat Sholat Idul Fitri

Kegiatan yang dilakukan saat hari raya idul fitri berikutnya adalah makan. Hal ini menjadi penting, karena sebagai pertanda bahwa telah usai bulan ramadhan. Saatnya merayakan kemenangan, sehingga makan sebelum berangkat sholat idul fitri digolongkan sebagai kegiatan sunnah.

Bertakbir Selama Dalam Perjalanan

Sesuai dengan hadits dari Ibnu Abi Syaibah, dalam Al-Mushannaf 2/1/2. Bahwa Nabi biasanya keluar rumah untuk melaksanakan sholat idul fitri sambil bertakbir. Hal ini dilakukan sebagai wujud syukur kepada Allah, karena ramadhan telah usai.

Saling Menyapa dan Mengucapkan Selamat

Sunnah berikutnya adalah menyapa dan saling memberikan ucapan selamat idul fitri. Tidak ada aturan baku untuk kalimat ucapan. Namun ada baiknya ucapkan kalimat yang baik dan sopan juga lebih ke hal yang memberikan perasaaan berbahagia bagi penerimanya. 

Mengambil Jalan Yang Berbeda Saat Akan Pulang Pasca Selesai Sholat

Sunnah yang biasanya terlewat adalah tentang anjuran mengambil rute yang berbeda ketika pergi dan pulang paska sholat. Hal ini bukan tanpa sebab, anjuran ini sebenarnya bila ditilik dari latar historis kebiasaan harian. Kebanyakan orang akan lebih sering berinteraksi dengan orang orang terdekatnya saja.

Entah itu tetangga rumah, atau saudara yang dirasa satu frekuensi. Maka daripada itu, dalam rangka silaturahmi hari raya. Ada baiknya mengikuti anjuran sunnah islam.  

Berziarah Kubur

Terakhir adalah berziarah kubur. Berziarah kubur sudah menjadi sebuah adat istiadat. Menengok makam kerabat yang telah lebih dulu berpulang. Selain sebagai bentuk penghormatan, juga bisa digolongkan sebagai sebuah moment perenungan. Bahwa tiap manusia pasti akan mati. 

Sehingga kita yang masih hidup, harus lebih sering untuk melakukan banyak perbuatan baik. Tentu sebagai bekal diakhirat nanti.

Demikianlah daftar delapan kegiatan yang dilakukan saat hari raya idul fitri. Kegiatan kegiatan diatas bisa bertambah banyak atau bahkan berkurang, tergantung dimana kita tinggal.

Sebab kurang lebihnya, hal ini dipengaruhi juga oleh adat istiadat tempat tinggal kita. Sebagaimana sebuah pepatah, dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung. Sekian.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.