5 Tujuan Idul Fitri Yang Harus Diketahui Sebelum Merayakan

Jadiberkah.com – Momen lebaran atau Idul Fitri selalu dirayakan sebagai bentuk kemenangan akan ibadah yang sudah dilakukan penuh di bulan Ramadhan. Tapi apakah Anda tahu tujuan Idul Fitri dirayakan?

Selama tiga puluh hari semua umat muslim diwajibkan untuk mencari pahala yang sebesar-besarnya. Tapi sayangnya masih saja ada yang tidak tahu akan tujuan Idul Fitri dirayakan yang sebenarnya.

Umumnya yang tidak paham dengan tujuan Idul Fitri adalah anak-anak. Karena mereka umumnya hanya menjadi follower atas tindakan orang-orang dewasa disekitarnya. Oleh sebab itu tidak ada salahnya bila Anda mencoba untuk memberitahukan mereka tentang tujuan yang sebenarnya.

Cari Tahu Tujuan Idul Fitri Yang Sebenarnya

Bulan puasa Ramadhan adalah salah satu bulan yang penuh dengan berkah. Seluruh umat muslim di dunia diwajibkan untuk berpuasa, tidak hanya menahan lapar dan haus saja. Tetapi juga diwajibkan untuk menjaga hawa nafsu. 

Bahkan tidak sedikit ulama mengatakan kalau ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan, akan mendapatkan pahala yang berkali-kali lipat. Oleh sebab itu jangan heran kalau banyak orang yang berlomba-lomba untuk mencari pahala.

Setelah sebulan berpuasa, maka hari yang fitri pun siap untuk disambut dengan penuh suka cita. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa tujuan dari perayaan Idul Fitri yang sebenarnya? Apalagi kalau harus menjelaskan kepada anak-anak.

Nah berikut ini adalah beberapa tujuan dari perayaan hari raya Idul Fitri yang harus Anda ketahui dan sampaikan kepada anak-anak diantaranya adalah:

Momentum silahturahmi sesama umat muslim di sekitar lingkungan rumah

Salah satu tujuan utama dari perayaan idul Fitri adalah mempererat tali silaturahmi. Yakni tali persaudaraan seiman sesama umat Islam. Dimana pada saat lebaran seluruh umat muslim di dunia akan saling bermaafan. 

Dengan demikian tidak ada lagi rasa canggung dan rasa lainnya yang memperburuk keadaan. Saling percaya satu sama lain, dan saling mendoakan sesama muslim. Sehingga tali silaturahmi dapat selalu terjaga dengan baik. 

Memahami hakikat manusia untuk kembali kepada fitrah

Yang mana sesungguhnya umat muslim akan  kembali kepada jati diri mereka sendiri. Suasana jiwa yang suci kembali menjelma ke dalam pemeliharaan jiwa yang kembali kepada tauhid (ideologi), kemudian jiwanya kembali kepada ketundukan serta penghambaan pengabdiannya hanya kepada Allah SWT.

Dan yang paling penting adalah pemeliharaan kesucian diri sebagai hamba Tuhan yang Maha Penyayang juga Maha Pengasih. 

Sebagai momen dan tanda bahwa umat muslim yang berpuasa sudah kembali bersih

Tentu penting bagi setiap umat Islam untuk introspeksi diri, maka bulan Ramadhan adalah bulan yang tepat sebagai waktu untuk membenahi diri. Serta menjadi momentum atas kesadaran diri kepada urgensi kembali menjadi manusia yang penuh fitrah.

Untuk mengokohkan tauhid 

Yang di dalamnya juga  terdapat rasa senantiasa untuk menjaga fitrah kehambaan yang lurus. Selalu berharap kepada Tuhan agar dijauhkan dari berbagai sikap yang menghinakan diri kepada makhluk Tuhan lainnya. 

Perayaan berakhirnya ibadah puasa bulan Ramadhan

Dan tujuan perayaan Idul Fitri yang terakhir adalah sebagai momen untuk merayakan sudah berakhirnya puasa dan ibadah lainnya selama di bulan Ramadhan. Perayaan yang penuh dengan suka cita dan rasa sungkan untuk kembali berbuat hina kepada saudara sesama muslim atau kepada diri sendiri.

Demikianlah lima tujuan diadakannya perayaan Idul Fitri yang dirayakan. Semoga ulasan mengenai tujuan Idul Fitri di atas bermanfaat yah. Dan juga berguna sebagai referensi untuk memberikan penjelasan kepada anak-anak.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.