Trik Lolos Tes Psikotes Gambar Pohon

Jadiberkah.com – Tes psikotes merupakan salah satu tes yang ada ketika sedang mengikuti seleksi pendaftaran sekolah dan juga mendaftar pekerjaan. Jenis tes psikotes yang sering dijadikan soalan yaitu tes psikotes gambar pohon. Pohon yang digambar bisa berupa pohon apa saja yang terlintas dalam benak. Kemudian dituangkan dalam sebuah bentuk gambar pohon di atas sehelai kertas. 

Rangkaian tes psikotes tersebut digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang. Kemudian apa dan bagaimana cara mengerjakan tes psikotes yang satu ini? Agar dapat lulus dalam tes psikotes ini, berikut Anda dapat menggunakan beberapa trik dalam pengerjaannya. Berikut merupakan uraian dan penjelasannya.

Definisi Tes Psikotes Gambar Pohon

Yang dimaksud dengan tes psikotes gambar pohon adalah tes psikotes yang dibuat Karl Koch tahun 159. Tes ini untuk mengukur kepribadian seseorang dengan cara menuliskan soal untuk menggambar sebuah pohon.  Para pewawancara pun dapat memperoleh gambaran sebelum menerima orang tersebut ke dalam perusahaan. 

Cara Mengerjakan Tes Psikotes Gambar Pohon

Cara mengerjakan tes psikotes gambar pohon ini yaitu dengan menggambar sketsa dari sebuah pohon. Penggambar dari pohon ini sendiri memiliki arti filosofi yang dalam. Di dalam sebuah pohon tersimpan satu karakteristik yang mendorong dirinya untuk berkembang dan terus menjadi besar.

Tes psikotes gambar pohon

Selain itu keberadaan pohon juga memiliki peranan penting dalam kehidupan. Jadi dari hasil gambar yang tersebut dapat dilakukan analisis terhadap karakter kepribadian seseorang. Dari hasil gambar tersebutlah akan bisa dianalisa bagaimana karakter para peserta berkaitan dengan posisi yang dibutuhkan.

Untuk pelaksanaannya biasanya membutuhkan waktu sekitar lima belas menit. Untuk perintahnya sendiri, biasa adalah menggambar pohon yang batangnya keras, berbuah serta memiliki cabang. Terkadang ada beberapa nama pohon yang tidak boleh digambar, misalnya pohon pisang, kelapa atau yang lainnya. Tergantung dari mentor yang memimpin jalannya tes psikotes.

Jangan lupa untuk menuliskan jenis pohon apa yang Anda gambar ya. Berilah keterangan bagian-bagian pohon yang Anda gambar. Di sinilah poin yang mendapatkan penilainya. Untuk peletakan pohonnya mengandung nilai  tentang kepribadian sebagai makhluk sosial. Jika condong kiri artinya egois, jika condong kanan merupakan sifat yang peka dan mementingkan kepentingan orang banyak. Hal ini terjadi tanpa disadari oleh pembuat gambar sendiri. 

Agar nilainya bisa seimbang, sebaiknya menggambar dengan letak pohon berada di tengah. Karena hasilnya berarti memiliki kehidupan atau jiwa sosial yang balance. Beda lagi jika letak pohon berada di atas, artinya kepribadian Anda adalah ketika memandang kehidupan memiliki cara pandang yang tinggi. Cara pandang yang tinggi ini cukup bagus, karena membuat Anda sebagai penggambar mampu menjadi sosok pemimpin bagi yang lain. 

Jadi bagi yang ingin masuk TNI, CPNS maupun karyawan swasta, jangan lupa untuk mempelajari tes psikotes gambar pohon ya. Jangan lupa untuk berlatih sebelumnya, agar mendapatkan nilai yang memuaskan dan menjadikan Anda lolos tes psikotes ini. Semoga Anda lolos dan mendapatkan pekerjaan impian Anda. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.