Idul Fitri Artinya Menurut Islam Serta Kebiasaan Unik Yang Mengikuti

Jadiberkah.com – Menahan nafsu duniawi dengan berpuasa di bulan Ramadhan akan diakhiri pada sebelum tanggal 1 Syawal. Tanggal 1 Syawal ini biasa juga disebut idul fitri artinya kembali suci kalau menurut bahasa. Masa berpuasa dianggap sebagai waktu untuk membersihkan diri dari dosa.

Hari Lebaran Idul Fitri ini diputuskan setelah alim ulama memutuskan waktunya. Metode yang digunakan untuk mengetahui kapan lebaran tiba adalah dengan metode rukyah dan hisab. Perbedaan metode tersebut dapat menjelaskan kenapa ada kelompok umat islam yang merayakan lebaran dihari berbeda.

Tahun Islam atau tahun hijriyah dilaksanakan berdasar pergerakan bulan. Sedangkan tahun Masehi mengikuti gerakan matahari. Hal ini juga yang mengakibatkan kenapa hari raya Islam tidak pernah jatuh pada tanggal yang sama di tahun Masehi. Ada selisih beberapa hari sepanjang tahunnya. Kali ini jatuh pada bulan mei, namun bisa jadi tahun depan jatuh pada bulan april.

Idul Fitri Artinya Menurut Bahasa dan Istilah

Ada dua pendapat dalam hal ini. Namun secara umum, idul fitri artinya adalah kembali suci. Hal ini didasarkan pada kata Id yang berasal dari bahasa Arab yang artinya kembali atau berulang. Sedang Fitri lebih banyak yang mengartikan sebagai suci atau bersih.

Sedang menurut istilah, idul fitri ini bermakna sebagai kembali berbuka setelah menjalankan puasa di siang hari. Hari raya tersebut umat islam bebas untuk makan menikmatinya bersama keluarga. Lebaran ini ditandai dengan takbir serta shalat Idul fitri yang sunnah hukumnya bagi umat.

Kebiasaan Unik Umat Islam di Indonesia Merayakan Lebaran

Hari raya yang berlangsung sekali dalam setahun ini disambut dengan gegap gempita oleh penganut agama Islam. Banyak kebiasaan unik yang hanya dapat ditemukan di negeri ini. Kebiasaan tersebut kental dengan nuansa ketimuran dan tidak bisa ditemukan pada negara lain.

Ketupat

Tidak Ada yang mengetahui dari mana asal kebiasaan makan ketupat di hari raya ini. Namun semenjak dulu kebiasaan makan ketupat dengan opor ayam sudah menjadi ciri khas lebaran. Semua tamu yang datang untuk silaturahmi pun didorong agar menikmati ketupat yang telah dihidangkan.

Idul Fitri Artinya

Bukan hanya ketupat yang disajikan pada hari istimewa tersebut. Ada pula lontong, rendang serta beberapa makanan berat yang menemaninya.

Sebagai pendamping disediakan juga kue khas lebaran semacam putri salju, nastar dan yang lain. Tradisi ini hanya dapat ditemukan di Indonesia karena makanan khasnya tidak akan ditemui pada negara lain.

Takbir Keliling

Kegiatan menabuh bedug seraya mengumandangkan takbir seraya berkeliling ini sudah menjadi tadi semenjak dulu. Semenjak magrib usai berbuka puasa di hari terakhir ramadhan, para pemuda segera berkeliling. Bedug diletakkan dalam kendaraan beratap terbuka lantas ditabuh seraya menyerukan takbir.

Nuansa lebaran langsung terasa karena aktivitas yang telah dilakukan dari jaman dahulu ini. Tidak hanya menggunakan mobil, kadang bedug juga diarak berkeliling begitu saja dengan iringan anak-anak dan pemuda. Tradisi ini tak pernah lekang oleh waktu dan selalu dirindukan oleh umat Islam di Indonesia.

Ziarah Kubur

Masyarakat umumnya melakukan ziarah pada awal Ramadhan atau pada hari raya idul fitri pertama. Ada hari itu areal pemakaman akan disesali oleh peziarah yang mengunjungi makam anggota keluarganya. Mereka berziarah untuk memanjakan doa bagi keluarga yang dimakamkan pada pemakaman tersebut.

Idul fitri artinya bagi umat islam indonesia adalah hari penting untuk berkumpul dengan keluarga. Pekerjaan bisa ditinggalkan sejenak, perjalanan jauh pun rela ditempuh agar bisa merayakan hari besar ini bersama keluarga.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.