Berapa Hari Lagi Lebaran Idul Adha 2021, Yuk Cari Tahu!

Jadiberkah.com – Lebaran Idul Adha agak berbeda dari Idul Fitri yang harus melaksanakan puasa sebulan terlebih dahulu. Namun berapa hari lagi lebaran Idul Adha pada tahun 2021? Lebaran Idul Adha diperkirakan jatuh pada hari Senin tanggal tanggal 20 Juli. Jadi Anda tinggal menghitungnya mulai dari sekarang ke depan tinggal berapa hari lagi.

Ciri khas lebaran Idul Adha yaitu dengan disunahkannya puasa pada tanggal 8-9 dzulhijah. Kemudian keesokan harinya disunnahkan melaksanakan salat sunat Idul Adha. Setelah itu, ada pemotongan hewan kurban yang diperintahkan bagi orang-orang yang mampu. 

Cara Mengecek Hari Raya Idul Adha 2021

Sekarang ini zaman canggih   untuk mengecek kapan hari raya Idul Adha tiba karena ada banyak media yang bisa digunakan. Anda bisa menyamakan berapa hari lagi lebaran Idul Adha antara media satu dengan yang lainnya untuk menyinkronkan tanggalnya seperti berikut :

    • Anda bisa mengeceknya melalui kalender. Di sana ada tanggal merah setiap bulannya dan keterangannya 
    • Mencari di browser dengan mengetik kata kunci hari raya Idul Adha maka akan langsung muncul waktunya
    • Terakhir menunggu sidang Isbat meskipun sudah ada ketentuannya dalam kalender. Namun muslim harus patuh pada hasil sidang isbat untuk menentukan waktu yang lebih tepatnya
Baca Lainya:  Asal usul desa kalibeji Sempor kebumen yang harus anda tahu

Hikmah di Balik Hari Raya Idul Adha

Ada banyak hikmah yang dapat kita ambil dari peristiwa Idul Adha sebagai syariat yang dibawa oleh Nabi Ibrahim Alaihi Salam. Hikmah tersebut bisa dijadikan pelajaran oleh kita semua mengenai ketaatan antara hamba pada Allah Subhana Hua Taala berikut ini : 

Ketaatan Hamba pada Sang Khaliq 

Dalil dari Al-Quran mengenai perintah qurban yaitu surat Al-Kautsar ayat 2 yang isinya adalah “Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berqurbanlah”

 

Sedangkan perintah qurban dalam hadis sebagai berikut : 

“Nabi Muhammad Salallahu Alaihi Wasalam berkurban dengan dua kambing gemuk dan bertanduk. Saya melihat Nabi Salallahu Alaihi Wasalam meletakan kedua kakinya di atas pundak kambing tersebut, kemudian Nabi Salallahu Alaihi Wasalam membaca basmalah, takbir, dan menyembelih dengan tangannya sendiri.” (HR. Bukhari)

Umat islam melaksanakan ibadah haji di bulan dzulhijah. Setelah itu, diperintahkan untuk mengerjakan ibadah kurban.

Berapa hari lagi lebaran Idul Adha di mana umat Islam melaksanakan Ibadah haji dan kurban bagi yang mampu. Namun karena ibadah ini berkaitan dengan ketaatan hamba pada Allah, maka banyak pula orang yang secara finansial tidak berlimpah tapi bisa mengerjakannya.

Baca Lainya:  Sejarah Idul Fitri dan Kaitannya Dengan Aturan Larangan Mudik Tahun 2021

Akan tetapi, banyak juga orang yang mampu secara keuangan tetapi belum melaksanakan ibadah haji, atau jarang melaksanakan ibadah kurban.

 

Memberi Kebahagiaan pada Fakir Miskin

Saat lebaran Idul Adha tiba maka banyak fakir miskin yang bergembira karena mereka bisa mendapat jatah daging kurban. Bagi yang berkecukupan atau punya banyak uang mengonsumsi daging adalah hal biasa. Namun bagi kaum duafa hal tersebut merupakan hidangan istimewa. 

Perintah qurban pun telah menumbuhkan rasa kasih sayang antar sesama manusia. Di samping itu, ibadah ini bisa membuat antara pihak yang berkurban dan diberi daging kurban sama-sama merasa bahagia.

Hari raya Idul Adha memberi banyak pelajaran baik secara spritual maupun sosial. Spiritual maksudnya tentang ketaatan hamba pada perintah Allah Subhana Hua Taala. Secara sosial yaitu ibadah yang manfaatnya saling berbagi kasih sayang dengan sesama manusia. 

Pada hari raya Idul Adha disyariatkan memotong hewan kurban dan dibagikan pada yang berhak sehingga mereka bergembira. Berapa hari lagi lebaran Idul Adha 2021 bisa dilihat melalui kalender, browser, dan terakhir dari sidang Isbat.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.