Berapa Hari Lagi Hari Raya Idul Fitri 2021 Akan Dilaksanakan?

Jadiberkah.comBerapa hari lagi hari raya Idul Fitri 2021 akan segera dirayakan. Umat islam seluruh dunia sudah bersiap untuk merayakan hari kemenangan tersebut. Setelah menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh. Sebagai bagian dari menjalankan rukun islam yang ketiga.

Bulan Ramadhan tahun ini jatuh pada tanggal 13 April 2021,tidak terasa sekarang sudah masuk ke dalam minggu terakhir. Kalau mengikuti kalender nasional, harusnya lebaran pada tanggal 13 Mei 2021. Namun hal ini belum bisa dipastikan, sebelum mendapat keputusan dari sidang Isbat.

Berapa Hari Lagi Hari Raya Idul Fitri 2021 dan Tradisi yang Menyertainya

Lebaran Idul Fitri selalu jatuh pada tanggal 1 Syawal tahun Hijriyah. Namun karena perbedaan sistem kalender Hijriyah dan Masehi, maka tanggal pastinya di tahun 2021 ini masih belum jelas. Untuk menetapkan apakah besok sudah masuk 1 Syawal atau belum, Kementerian Agama harus melakukan sidah Isbat terlebih dulu. 

Sidang Isbat ini adalah penetapan tanggal 1 Syawal setelah melakukan beberapa usaha. Mulai dari metode hisab sampai metode observasi ru’yat. Observasi dilakukan pada seluruh bagian Indonesia. Ada yang menggunakan alat, ada pula hanya berbekal mata telanjang. 

Berapa hari lagi hari raya Idul Fitri sudah ditunggu umat kapan kepastiannya. Walau begitu, sepertinya lebaran tahun ini masih akan sama seperti lebaran tahun 2020 kemarin. Virus Covid-19 masih mengancam, sehingga tidak lagi bebas berkerumun. Ajang halal bihalal pun hanya bisa dilakukan secara daring. 

Lebaran biasanya identik dengan tradisi khas Indonesia. Namun dua tahun ini tradisi tersebut terpaksa ditiadakan. Pandemi yang belum juga mereda memaksa pemerintah untuk melarang warga mudik. Larangan ini berlaku dari tanggal 6 sampai 17 mei. Tradisi yang kini harus dilakukan berbeda adalah begini. 

Tidak Bisa Mudik 

Perbatasan wilayah antar Kabupaten, kota maupun provinsi telah ditutup. Pemberlakuan larangan mudik ini dimulai dari tanggal 6-17 mei. Calon pemudik yang ketahuan mencoba melanggar perbatasan, akan diminta untuk putar balik. Jalur darat, air atau udara diberlakukan peraturan yang sama ketatnya. 

Jadi tahun ini Anda hanya bisa menikmati lebaran dengan berkumpul keluarga di rumah. Anda bisa menikmati hidangan khusus yang dimasak untuk menyambut hari raya bersama keluarga terdekat. 

Silaturahmi Online

Lebaran identik dengan silaturahmi beramai-ramai ke rumah keluarga serta kenalan. Kesempatan ini menjadi ajang untuk saling bermaafan serta bercengkrama. Namun adanya pandemi memaksa semua orang untuk menjalin silaturahmi secara online saja. Meski cara ini memang kurang berkesan sebab tidak dapat bertemu langsung. 

Dengan berbekal smartphone dan kuota, Anda bisa berhubungan dengan semua kerabat. Memang tidak terlalu meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja hal ini harus dilakukan untuk menghindari terjadinya penularan Covid-19. Bagaimanapun juga bertemu dengan orang banyak akan meningkatkan resiko tertular virus tersebut. 

Saling Memberi Hadiah

Untuk yang memiliki keponakan atau saudara sepupu, tentunya sering membagikan hadiah di hari lebaran. Kondisi yang berbeda sekarang ini membuat semua orang harus menyikapinya dengan bijak. Anda bisa membeli hadiah lalu mengirimkannya melalui ekspedisi terdekat. 

Cara ini lebih praktis karena tidak perlu langsung bertemu dengan penerima hadiah. Sang penerima juga akan sama senangnya menerima paket berisi hadiah tersebut. Jadi lebaran masih tetap menyenangkan meski tidak lagi meriah seperti lebaran pada tahun-tahun yang lalu.

Meskipun ada perbedaan pada tradisi yang harus dilalui pada lebaran tahun ini, tapi Anda bisa mengisi ya dengan beribadah lebih baik lagi. Jadi berapa hari lagi hari raya idul fitri 2021 pun akan tetap terasa menyenangkan untuk ditunggu.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.