6 Kegiatan Hari Raya Idul Fitri Yang Selalu Dilakukan Tanpa Bosan

Jadiberkah.com – Ramadan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu untuk beribadah puasa, lalu disambut dengan hari raya. Banyak kegiatan hari raya Idul Fitri yang dilakukan oleh umat Islam sehingga mereka bersuka cita bersama keluarga tercinta.

Umat Islam sangat antusias menyambut Idul Fitri bahkan beberapa hari sebelumnya sudah sibuk membuat kue serta menyiapkan pakaian baru. Hal ini karena Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Islam setelah selama sebulan menahan lapar, haus, dan hawa nafsu. Ada pun kegiatan yang dilakukan pada hari raya Idul Fitri seperti berikut. 

Kegiatan Hari Raya Idul Fitri Yang Membuat Kangen

Hari raya Idul Fitri dilaksanakan oleh umat Islam setahun sekali. Ada banyak kegiatan yang biasanya hanya dilakukan pada hari suci tersebut. Kegiatan-kegiatan itu bikin Anda kangen, loh!

Apalagi di era pandemi ini karena kegiatan-kegiatan tersebut dibatasi karena harus sesuai dengan protokol kesehatan. Apa saja kegiatan yang membuat Anda kangen?

Zakat Fitrah 

Kegiatan yang dilakukan saat hari raya Idul Fitri yang utama adalah membagikan zakat fitrah pada yang berhak, sebelum berangkat salat Idul Fitri.

Tujuannya agar orang yang membutuhkan sama-sama merasa bahagia dan bisa merayakan Idul Fitri dengan membuat makanannya sendiri. 

 

Baca Lainya:  3 Resep Kue Lebaran Kekinian Favorit Keluarga

Menggunakan Pakaian Baru 

Pada umumnya, untuk menyambut hari raya Idul Fitri maka banyak umat islam menyiapkan pakaian baru. Pakaian tersebut biasanya dibeli pada bulan ramadan sebelum menjelang hari raya.

Hal ini sebagai bentuk rasa bahagia karena telah selesai menjalankan ibadah puasa. Di samping itu, menggunakan baju baru merupakan bentuk penghormatan terhadap hari Idul Fitri.

 

Salat Idul Fitri Berjamaah

Pada malam hari berkumandang takbir dari mesjid-mesjid yang diisi oleh suara laki-laki karena yang perempuan bertakbir dari rumah saja.

Suara takbir tersebut terdengar syahdu dan memanjakan telinga sehingga membuat Anda selalu merindukannya. Keesokan harinya umat islam berbondong-bondong menuju lapang untuk melaksanakan salat Idul Fitri. 

 

Saling Bermaaf-maafan

Setelah selesai melaksanakan salat Idul Fitri kemudian mendengarkan ceramah terlebih dahulu. Apabila imam sudah menutup ceramah maka kegiatan yang dilakukan saat hari raya Idul Fitri berikutnya biasanya saling bersalaman untuk meminta maaf.

Kegiatan saling meminta maaf juga dilanjutkan di rumah atau tempat tinggal masing-masing baik pada saudara atau tetangga. Hal ini sangat bermakna pada umat islam karena bisa saling memaafkan kesalahan. 

 

Baca Lainya:  Historiografi, Penulisan Kembali Peristiwa Penting di Masa Lalu dan 3 Jenisnya

Makan Opor Ayam dan Ketupat 

Saat yang ditunggu-tunggu untuk makan opor ayam dan ketupat pun tiba. Momen ini tidak akan bisa dilupakan di mana pun Anda berada untuk merayakan hari raya Idul Fitri. Kuliner yang satu ini sudah menjadi tradisi dan ciri khas menu lebaran. 

 

Saling Silaturahim 

Selanjutnya sesudah puas merayakan Idul Fitri bersama keluarga yaitu melakukan silaturahim pada sanak saudara. Biasanya silaturahim dilakukan oleh kaum muda pada orang tua atau saudara yang lebih tua. 

Kegiatan tersebut bisa memberi kebahagiaan pada Anda karena bisa berjumpa dengan banyak saudara pada momen yang sama. Dengan begitu, Anda tidak harus mengunjunginya satu per satu. 

Anda mungkin sudah merindukan semua kegiatan di atas bersama keluarga besar. Namun demi menjaga agar pandemi ini tidak meningkat lagi maka semua masyarakat diharapkan menahan diri untuk lebaran di tempat masing-masing. Anda pun akan bisa mengobati kerinduan tersebut setelah pandemi ini berakhir. 

Tradisi lebaran telah mendarah daging bagi umat islam karena dilakukan secara turun temurun setiap tahun. Banyak kegiatan yang dilakukan saat hari raya Idul Fitri yang penuh makna sepeti di antaranya saling bermaaf-maafan. 

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.